"Good public relation start from good communication" adalah terjemahan dari hubungan masyarakat yang baik dimulai dari komunikasi yang baik. Dalam hal ini subjeknya adalah manusia dan instrumen yang digunakan adalah komunikasi. Berbicara tentang masyarakat tentunya tak lepas dari penilaian komunikasi yang mereka lakukan. Masyarakat yang hidup berdampingan adalah mereka yang punya keterlibatan pada hubungan dan pada fenomena ini terdapat komunikasi yang berlangsung antara individu dengan individu atau individu dengan kelompok.
Pengertian masyarakat pun dikaji dalam pemahaman sosiologi, yang berarti sekumpulan orang yang menetap di suatu daerah dan mereka memiliki keterikatan. Sedangkan pengertian komunikasi bisa diartikan lebih luas lagi, yakni metode penyampaian pesan, pertukaran pesan, pemberian dan penerimaan informasi, dan pembicaraan. Namun dalam pengertian public relation atau hubungan masyarakat, status ini menggabungkan dua sisi yaitu masyarakat dan metode komunikasi dengan tujuan mencapai kesepakatan bersama, menjalin kerja sama, sekalius membentuk mutual yang saling memberi timbal balik atau keuntungan.
Istilah public relation sendiri memiliki singkatan "PR" atau kerap disebut "Humas", singkatan hubungan masyarakat. Karena public relation ini kental dengan segala hal yang bersangkutan dengan interaksi banyak orang atau umum, maka penempatan public relation sendiri selalu ada di berbagai sektor perkumpulan masyarakat, baik itu perkumpulan yang terbentuk secara formal maupun informal, hingga kebutuan profesi.
Contoh public relation yang dapat ditemui di perkumpulan formal diantaranya: organisasi, ketenaga kerjaaan, lembaga pemerintahan, instansi, perinduatrian, maupun kenegaraan. Sedangkan public relation di perkumpulan informal sendiri contohnya terdapat pada komunitas, paguyuban, kalangan pendukung kompetisi atau instansi, serta golongan suku dan ras.
Public relation merupakan peran yang dijalankan oleh sekelompok orang di lingkup organisasi maupun institusi dengan arah gerak menjembatani atau penghubung antara pihak internal dan pihak eksternal. Public relation tentu menjadi bidang vital dalam sebuah susunan kepengurusan atau jajaran, selain mengurus hubungan dengan publik, public relation juga harus tanggap dalam mengelola media komunikasi, melakukan mobilitas, mengatur perencanaan, negosiasi, kompromi, persuasi, memimpin arus relasi internal dan eksternal, hingga keberanian dalam mengatur hubungan yang disepakati oleh dua belah pihak atau lebih. Berikut adalah tugas pokok seorang public relation:
Pertama, public relation harus bisa mengelola media komunikasi. Media komunikasi yang dimaksud adalah media sosial, jaringan telepon, email, sms, dan fax. Upaya manajemen komunikasi ini dilakukan dengan cara pencantuman contact person pengurus hubungan masyarakat, pemberian informasi, penawaran, permohonan atau permintaan, sekaligus pengambilan keputusan antara kedua pihak. Kedua, public relation harus sanggup melakukan mobilisasi. Mobilisasi ini dilakukan apabila ada keperluan berinteraksi secara langsung dengan jarak jauh.
Misalnya dalam rangka survey lokasi, delegasi, perencanaan, sosialisasi, penyuluhan, atau evaluasi pada agenda masyarakat di setiap daerah yang sedang berlangsung. Ketiga, seorang public relation harus komunikatif. Komunikasi dalam public relation adalah seni komunikasi yang memutar otak, karena efek dari komunikasi public relation harus bisa persuasif, kompromi, negoisasi menggiring opini, dan koalisi. Di sisi lain komunikasi seorang public relation juga memperhatikan manajemen waktu sekaligus etika demi menjaga citra diri sendiri maupun sebuah instansi.
Selain memiliki peran yang amat penting, public relation sendiri juga memiliki dua kategori, yaitu internal dan eksternal. Public relation internal adalah aktivitas kepengurusan yang berlangsung dalam tubuh organisasi atau instansi itu sendiri, mengatur hubungan antara anggota dengan anggota maupun anggota dengan pimpinan. Public relation internal memiliki fungsi sebagai perekat sekaligus pemantik yang diharapkan mampu mengajak seluruh personal di suatu instansi dapat bergerak secara bersama sama. Sedangkan public relation eksternal berfungsi untuk menangani arus hubungan dari luar yang tak terikat pada sebuah organisasi, contohnya seperti mitra, sponsor, media partner, tamu undangan, narasumber, dan segala pihak yang sebelumnya tak saling mengenal. Namun dari situlah tugas public relation eksternal untuk mengajak atau mengajukan tawaran terhadap pihak luar guna meraih tujuan serta menerima kebutuhan yang direncanakan oleh suatu orgnasiasi.
Apabila ditinjau dari pergerakannya, komunikasi seorang public relation adalah model komunikasi yang terstruktur dan sistematis, hal ini dilakukan sebagai bentuk penekanan agar setiap peran yang dijalankan oleh seorang public relation memiliki citra yang profesional. Profesionalitas public realtion ditinjau dari dua sikap, yaitu ketepatan dan kecepatan. Ketepatan yang dimaksud dalam ranah public relation adalah indikator antara gambaran dan keberhasilan public relation dalam memantik sasarannya, jadi untuk meraih ketepatan public relation perlu mendalami keterampilan berkomunikasi yang baik dengan target partner, bahkan sebelum eksekusi permulaan hubungan, public relation perlu memperkirakan peluang diterima atau ditolaknya sebuah penawaran yang diajukan. Kecepatan sendiri tentunya tertuju pada respon public relation dalam menanggapi arus informasi, semakin cepat respon public relation maka semakin baik pula relasinya, hal ini dikarenakan kecepatan dalam merespon pesan atau memberi feedback pada suatu pihak akan mendatangkan keuntungan, kesiapan lebih matang, sekaligus memperoleh stigma kepercayaan dari pihak yang ingin diajak berkoalisi.
Public relation sebagai peran vital dalam arus organisasi memiliki peluang yang bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi siapapun yang benar benar menekuninya. Hal ini dikarenakan arah gerak public relation yang mengutamakan komunikasi diiringi dengan instrumen media, dan subjeknya adalah masyarakat dari berbagai lapisan.
Keuntungan menjadi public relation adalah kita bisa mengenal lebih dekat dengan berbagai karakter pihak luar baik personal maupun instansi, public relation bisa dikatakan sebagai aset relasi untuk memudahkan kita bila suatu saat membutuhkan kerja sama dengan pihak luar, apabila kita sampai bertemu dengan petinggi industri maupun perusahaan, maka relasi itu akan berguna untuk memudahkan kita dalam mengetahui iklim dunia kerja maupun sebagai referensi dalam pengambilan posisi atau bidang di dunia kerja nantinya.