Lihat ke Halaman Asli

Naufal Rafli Bactiar

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Inovasi Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Daun Singkong

Diperbarui: 22 Januari 2024   18:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Mojokerto, 19 Januari 2024- Naufal Rafli Bactiar, salah satu mahasiswa dari Universitas 17 agustus 1945 surabaya yang merupakan mahasiswa jurusan Arsitektur mengikuti program Kuliah Kerja Nyata yang berlokasi di Desa Kemasantani, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur sebagai bentuk pelaksanaan dari tridharma perguruan tinggi di bawah bimbingan ibu Herlina Kusumaningrum, S.Sos., M.A.

Tema kuliah kerja nyata pada periode 2023/2024 ini adalah " PENERAPAN INOVASI DAN IPTEKS PATRIOT MERAH PUTIH BAGI MASYARAKAT"

Tujuan KKN sendiri adalah untuk mengaplikasikan teori yang di pelajari pada saat melakukukan perkuliahan dengan pengalaman langsung terjun di masyarakat, mahasiswa akan melakukan penerapan inovasi dan pengamalan ipteks yang nantinya berguna bagi Masyarakat. KKN juga memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa, mengembangkan keterampilan sosial mereka, dan memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat.

dokumen pribadi

Penulis melakukan program kerja berupa "Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Daun Singkong" dikarenakan para petani singkong di Desa Kemasantani belum memiliki Solusi yang tergolong baik, yakni limbah dari tumbuhan Singkong misalnya daun Singkong yang telah dipanen hanya menjadi tambahan pakan ternak maupun dijual secara murah dipasar untuk menjadi olahan sayur-mayur.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memberikan penyuluhan terkait dengan bagaimana cara mengolah limbah daun singkong agar menjadi pupuk organic cair yang dapat digunakan untuk memembantu petani mendapatkan lebih banyak keuntungan dari tumbuhan Singkong yang mereka miliki di Desa Kemasantani serta dapat meningkatkan pendapatan petani singkong.

dokumen pribadi

Waktu pelaksanaan kegiatan program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2024. Berlokasi di balai desa Dusun Ketanen, Desa Kemasantani, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Di harapkan dari diadakanya pelatihan mengenai pembuatan pupuk organik cair dari daun singkong mampu menjadikan ide bisnis maupun untuk mengatasi kelangkaan pupuk kimia bagi para petani singkong.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline