Lihat ke Halaman Asli

Naufal Muhammad Rifqi

Mahasiswa KKN Tematik UPI DPL : Prof.Dr.H Makhmud Syafei M.Pd

Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SD N 014 Cigondewah, Bandung

Diperbarui: 30 Juli 2021   06:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 telah memberikan gambaran atas kelangsungan dunia pendidikan di masa depan melalui bantuan teknologi. Namun, teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran guru, dosen, dan interaksi belajar antara pelajar dan pengajar sebab edukasi bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerja sama, serta kompetensi.

Pembelajaran daring menjadi tantangan bagi dunia pendidikan dengan situasi Indonesia yang memiliki ribuan pulau. Bagaimana teknologi dapat digunakan, bagaimana penyediaan akses internet pada daerah-daerah terpencil dimana barang elektronik tanpa akses internet pun masih menjadi suatu kemewahan. Ini merupakan tantangan bagi semua pihak, saat ini kita harus bekerja keras bersama bagaimana membawa teknologi menjawab permasalahan nyata yang terjadi pada mahasiswa dan pelajar yang kurang beruntung dalam hal ekonomi maupun teknologi yang berada di daerah-daerah terpencil.

Peningkatan pembelajaran melalui teknologi yang digunakan oleh guru haruslah efektif dan efisien untuk digunakan dan dijelaskan kepada murid sekolah. Penggunaan aplikasi dirasa harus dilakukan secara efektif seperti aplikasi untuk mengedit poster, membuat power point, dan lain -- lain bisa digunakan dengan aplikasi Canva.

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN Tematik 2021 di SD N 014 Cigondewah, mereka mengadakan workshop untuk para guru agar, para guru SD N 014 Cigondewah dapat menggunakan aplikasi secara efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran daring di masa Pandemi Covid -- 19.

Berikut aplikasi yang ada pada workshop Mahasiswa KKN Tematik 2021 di SD N 014 Cigondewah :

  • Google Form

Google form adalah layanan dari Google yang memungkinkan kita untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Jadi anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei.

Google form untuk masa pandemi ini sangat lah bermanfaat, para guru bisa menggunakan google form untuk melakukan suatu ujian online. Jawaban para murid otomatis akan tersimpan di google form si pembuat.

  • Canva

Canva adalah sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar adapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan Android.

Canva dapat digunakan oleh para guru untuk mendesain sebuah poster. Seperti contoh dapat digunakan untuk membuat Twibbon, Poster MPLS, dan lain sebagainya.

  • Zoom

Zoom adalah aplikasi komunikasi menggunakan video dan dapat digunakan dalam berbagai perangkat baik seluler maupun desktop.

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk melakukan tatap muka secara jarak jauh dengan jumlah peserta yang cukup banyak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline