Lihat ke Halaman Asli

Naufal Hayyu Triwardana

Informatics Engineering

Belajar Mengaji dan Hafalan di TPQ Al-Muhtady 1 bersama KKM Lorem Ipsum

Diperbarui: 2 Februari 2022   02:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa Pencerahan (KKM) kelompok 173, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) memberikan pengajaran mengaji secara sukarela di Taman Pendidikan Al - Qur'an (TPQ) Al - Muhtady 1 di Jl. Mawar Putih No.41, Desa Sidomulyo. Dilakukan oleh beberapa mahasiswa yang bertempat di desa Sidomulyo Kota Batu ini berkesempatan untuk pendampingan di TPQ yang dilakukan di minggu akhir KKM dengan durasi selama seminggu.

Pendampingan ini bertujuan untuk membantu para Ustadz dan Ustadzah untuk melakukan pembelajaran mengaji, hafalan, serta kegiatan lomba. Metode belajar mengaji yang digunakan adalah metode Qiroati. Metode Qiroati adalah sebuah metode membaca Al - Qur'an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Tujuan utama metode qiroati tidak hanya mengajarkan santri membaca Al - Qur'an dengan singkat dan cepat saja, melainkan santri diharapkan dapat membaca Al -- Qur'an berdasarkan kaidah ilmu tajwid. Serta diakhir pembelajaran pasti dilakukan pembacaan senandung Al -- Qur'an dan ditutup dengan salam kepada Ustadz maupun Uztadzah.

Pada penghujung pertemuan tim KKM Lorem Ipsum melakukan kegiatan perlombaan yang diikuti beberapa anak-anak di TPQ, diantara perlombaannya seperti bisik berantai, quiz, tebak gerakan, dll.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline