Lihat ke Halaman Asli

Sop Ayam Pak Min Klaten

Diperbarui: 1 Juli 2023   17:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sop Ayam Pak Min Klaten, sebuah kuliner legendaris di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, memiliki kisah bersejarah yang menarik. Didirikan oleh Tugimin dan istrinya, Wagiyem, usaha ini pertama kali dimulai dengan menjual sop ayam menggunakan pikulan. Awalnya, sang ayah berkeliling dari kampung ke kampung, berjualan dengan berat dagangan dipikul sendiri. Selama hampir 10 tahun, Pak Min berjualan dengan tekun, bahkan ketika usahanya belum begitu diminati, dia tetap gigih memperbaiki rasa sop ayam yang ditawarkan.

Berkat dedikasi dan kerja kerasnya, usaha Sop Ayam Pak Min berkembang pesat. Pada tahun 1980-an, mereka membuka warung pertama di Pasar Gede Klaten. Saat ini, Sop Ayam Pak Min telah memiliki 40 cabang yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan D.I Yogyakarta. Tukiman, anak keempat dari pasangan Tugimin dan Wagiyem, menjadi pengelola beberapa cabang usaha di wilayah Jawa Barat, Klaten, dan Yogyakarta, dan dia menambahkan nama "Ragil" di bagian bawah spanduknya sebagai penghormatan pada panggilan akrabnya.

Kisah perjalanan Sop Ayam Pak Min Klaten tidak hanya mengingatkan kita tentang kelezatan sop ayam mereka tetapi juga mengajarkan tentang ketekunan dan semangat pantang menyerah dalam meraih kesuksesan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline