Lihat ke Halaman Asli

Naufal Haidar

Ex-Videographer Intern at Harian Kompas

Spesifikasi Pindad Maung Garuda: Kendaraan Prabowo Menuju Istana

Diperbarui: 21 Oktober 2024   02:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden Prabowo Subianto melambaikan tangan kepada masyarakat yang menunggu di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Pelantikan Presiden Prabowo Suboianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Rakadihadiri oleh pejabat tinggi negara dan perwakilan dari negara sahabat. (Foto: KOMPAS.com/ANTONIUS ADITYA MAHENDRA)

Jakarta -- Setelah resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia pada Minggu (20/10), Prabowo Subianto memilih untuk mengendarai mobil Maung 'Garuda' buatan PT Pindad. 

Mobil yang berwarna putih ini menjadi pilihan Prabowo saat iring-iringan dari Gedung MPR menuju Istana Kepresidenan, berbeda dengan presiden-presiden sebelumnya yang umumnya menggunakan mobil berwarna hitam. 

Mobil yang digunakan Prabowo, berbeda dengan Maung Pindad standar, memiliki tampilan yang lebih menonjol. SUV kokoh ini dilengkapi dengan tulisan 'Garuda' di bagian belakang dan memiliki bodi yang lebih panjang.

Menurut keterangan PT Pindad melalui unggahan di Instagram, kendaraan ini merupakan MV3 Garuda Limousine, hasil pengembangan terbaru dari model MV3 yang dirancang khusus untuk memenuhi arahan langsung dari Prabowo.

PT Pindad menyatakan, "Dengan terwujudnya kendaraan Garuda Limousine Kepresidenan ini, kami menunjukkan kemandirian bangsa Indonesia," dalam keterangan resmi mereka pada Minggu (20/10). 

Mereka menambahkan bahwa Presiden Prabowo percaya mobil buatan dalam negeri ini mencerminkan upaya keras PT Pindad untuk mencapai kemandirian nasional. 

(Foto: Antara)

Spesifikasi Pindad Maung Garuda

PT Pindad mengungkapkan bahwa Garuda Limousine dikembangkan khusus dari model MV3 untuk digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden RI.

Mobil berwarna putih ini dirancang dengan tampilan eksklusif dan maskulin, serta dilengkapi dengan tingkat perlindungan tinggi dan kenyamanan menggunakan material berkualitas serta fitur-fitur canggih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline