Lihat ke Halaman Asli

Naufal Fajri

Community Development and Community Education

Konsep Orang Dewasa dalam Belajar

Diperbarui: 28 April 2022   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Orang dewasa adalah orang yang memiliki banyak pengalaman dan kemampuan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan dalam kehidupan. Ketika orang dewasa sudah dipikul oleh sebuah tanggung jawab yang besar, maka ia harus sanggup untuk mengarahkan dirinya sendiri agar menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya. 

Orang dewasa dapat dikatakan matang ketika ia memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka; orang dewasa harus terampil, mandiri, mampu untuk cepat beradaptasi, dan mengetahui tujuan hidup yang jelas sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Ilmu yang mempelajari orang dewasa dalam belajar adalah andragogi, yang menitikberatkan bagaimana sudut pandang orang dewasa dalam memahami pembelajaran. 

Orang dewasa harus mampu menganalisa setiap kebutuhan belajar yang harus mereka persiapkan. Ketika mereka sudah siap untuk belajar dengan sungguh-sungguh, maka mereka akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya dengan baik sehingga mengurangi sikap ketergantungannya kepada orang lain.

Orang dewasa yang selalu aktif dan semangat dalam belajar akan mendapatkan sebuah perubahan yang terjadi dalam diri mereka. Perubahan yang dapat membuat mereka menjadi sosok individu yang berwawasan luas dan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam memecahkan setiap persoalan kehidupan yang sedang dihadapinya.

Pembelajaran orang dewasa yang berorientasikan pada kehidupan, membuat cara pandang mereka dalam belajar pun sangat berbeda dibandingkan dengan anak-anak. Orang dewasa tidak lagi ingin mendapatkan nilai yang bagus dari gurunya, mereka berpandangan bahwa belajar merupakan sebuah alat untuk menambah pengalaman mereka dan menumbuhkan rasa keingintahuan yang tinggi dalam diri mereka.

Pada hakikatnya, orang dewasa adalah makhluk yang sangat kreatif apabila potensi yang ada di dalam diri mereka digali dan dikembangkan. Mereka harus senantiasa diberikan kesempatan untuk menyampaikan setiap gagasan yang mereka miliki berdasarkan dari pengalaman yang telah terjadi. Orang dewasa akan merasa dihormati jika mereka ikut terlibat dalam setiap kegiatan pembelajaran yang sedang dilakukannya.

Proses pembelajaran orang dewasa merupakan hal yang unik dan bersifat individual. Setiap individu orang dewasa memiliki strategi tersendiri untuk mempelajari dan menemukan pemecahan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran tersebut. Jangan pernah memaksakan mereka untuk mau belajar, karena hal yang diperlukan bagi orang dewasa dalam belajar adalah perlakuannya sebagai individu yang dapat mengarahkan dirinya sendiri. 

Kita sebagai pendidik, hanya perlu memahami apa saja yang menyebabkan orang dewasa mau belajar, bagaimana hambatan yang dialami mereka, apa saja harapan yang mereka inginkan dengan belajar, dan bagaimana mereka dapat belajar dengan maksimal dan lain sebagainya. Pemahaman-pemahaman tersebut menjadi sangat penting bagi para pendidik atau fasilitator di masyarakat untuk menghadapi situasi orang dewasa dalam belajar. 

Oleh karena itu, pendidik atau fasilitator orang dewasa memerlukan pemahaman yang lebih mendalam, untuk mengetahui konsep dan teori apa saja yang diperlukan orang dewasa dalam melakukan kegiatan pembelajarannya. (*)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline