Lihat ke Halaman Asli

Naufal Fadhlullah

Mahasiswa Universitas Airlangga

Nanobiochar untuk Agrikultur Indonesia

Diperbarui: 14 Mei 2023   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Nanobiochar dalah bentuk lanjutan dari biochar, biochar sendiri adalah semacam bahan padat yang kaya karbon yang dapat digunakan untuk memfertilasi tanah. Kok bisa memfertilasi tanah?, Nah itu dikarenakan biochar ini dapat meningkat kan kualitas tanah, kesehatan tanaman, meningkat kan kualitas air, menguari efek rumah kaca dari emisi tanah itu sendiri, dan dapat mengurangi penggunaan irigasi dan pupuk. Biochar juga cocok di tanah tropis, Indonesia sendiri yang berada di khatulistiwa dapat di untungkan dengan kondisi tanah yang pas.

Indonesia dengan tanah subur nya memang sudah lebih baik untuk agrikultur dibandingkan Negara-negara lain, namun dengan keuntungan lain nya yang begitu banyak dan pengurangan penggunan pupuk dan irigasi, sehingga dapat meningkatkan lahan indonseia untuk agrikultur dan produksi domestic.

Produksi dari Biochar itu sendiri adalah dengan reaksi kimia dengan pyrolysis dengan membakar nya dengan suhu yang sangat tinggi. Nano biochar sendiri adalah dimana biochar nya itu sendiri menjadi leih kecil dengan proses yang berbeda. Nano biochar sendiri lebih memiliki keuntungan tersendiri seperti menambah kan stats pada biochar nya, Dengan penertrasi yang lebih baik ke tanah sehingga better result.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline