Lihat ke Halaman Asli

Naufal Daffa Pramudya

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Kolaborasi Pelatihan Online to Online Spreadsheet X Excel bersama KKN Tematik Universitas Diponegoro dan Puskesmas Ngadirojo

Diperbarui: 2 September 2022   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokpri)

(Wonogiri, 23 Agustus 2022)Imunisasi KEJAR & BIAN yang memiliki program sasaran kepada anak-anak yang memiliki umur 9-59 bulan. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia. Universitas Diponegoro berkolaborasi dengan Unicef mengadakan KKN Tematik dengan tema "Percepatan Imunisasi dalam Rangka Mendukung Program KEJAR & BIAN Tahun 2022" untuk membantu keberjalanan program KEJAR & BIAN yang  diselenggarakan oleh pemerintah.

Pentingnya suatu pendataan pada program KEJAR & BIAN ini sangat penting tentunya, selain digunakan sebagai sasaran program juga digunakan untuk menyiapkan jumlah vaksin yang diperlukan. Terdapat 9 desa 2 kelurahan yang menjadi sasaran pelaksanaan imunisasi KEJAR & BIAN yang dilakukan oleh Puskesmas Ngadirojo. Pendataan balita dilakukan oleh kader tiap desa atau kelurahan di posyandu masing-masing, yang nantinya akan dikumpulkan kepada bidan desa lalu akan di input oleh pihak Puskesmas Ngadirojo.

Pelatihan Online to online Spreadsheet x Excel ini sangat penting karena dapat membantu dalam proses penginputan data yang sangat banyak dan juga dapat mengefektifkan waktu secara cepat dan tepat. Sasaran dari kegiatan pelatihan berupa kolaborasi antara Spreadsheet dan  excel ini kepada Tim Pelaksana imunisasi. Adapun Langkah-langkahnya:

  • Pengumpulan pendataan balita secara manual dari kader tiap posyandu
  • Pembuatan Google drive untuk penginputan secara online
  • Atur kelola akses "agar siapa saja yang dapat mengakses
  • Masukkan data pada pendataan manual pada spreadsheet

Diharapkan dengan adanya pelatihan dan kolaborasi antara Tim Puskesmas Ngadirojo dengan Tim KKN Tematik Universitas Diponegoro Kabupaten Wonogiri sehingga kegiatan Imunisasi KEJAR & BIAN ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline