Lihat ke Halaman Asli

Naufal Bagus

Mahasiswa

Panas yang ini BUKAN Panas Biasa! Edukasi Demam Berdarah Mahasiswa KKN Undip

Diperbarui: 13 Agustus 2022   23:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Semarang (05/08/2022) Menurut laporan dari ketua RW 08, Kelurahan Muktiharjo Kidul, sekarang sedang marak terjadi Demam Berdarah Dengue (DBD) dikalangan warga setempat. Menanggapi hal tersebut, mahasiswa KKN Tim 2 Undip Periode 2021/2022 mengadakan sosialisasi demam berdarah untuk warga RW 08

Menurut data dari Kemenkes RI pada tahun 2020, Provinsi Jawa Tengah berada pada urutan ke-6 kasus demam berdarah terbanyak sejumlah 5.683 pasien se-Indonesia dengan angka kematian pada urutan ke-2 sejumlah 107 orang. Karena gejala dari DBD sendiri umumnya seperti demam biasa, namun jika tidak cermat dan segera ditangani dapat menimbulkan akibat yang fatal.

dokpri

Edukasi DBD dilaksanakan di Balai RW 09 yang bersebelahan dengan RW 08 dan diikuti oleh kurang lebih 20 warga RW 08, Kelurahan Muktiharjo Kidul. Edukasi yang diberikan berupa tanda dan gejala khas dari DBD, komplikasi yang mungkin terjadi selama DBD, tindakan penanganan dini, dan juga pencegahan DBD.

dokpri

Dengan diadakannya acara edukasi ini diharapkan warga dapat paham mengenai gejala khas dari DBD, tindakan yang dapat dilakukan jika ada anggota keluarga yang mengalami DBD, serta yang tidak kalah penting pencegahan agar nyamuk pembawa penyakit DBD tidak menyebar lebih luas lagi.

Penulis : Naufal Bagus Abryansyah – 22010119130074 – Fakultas Kedokteran

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Wahju Krisna Hidajat, M.T.

Lokasi : Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline