Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Alat Pelindung Diri Saat Bekerja

Diperbarui: 7 November 2022   12:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

keselamatan dan kesehatan kerja adalah hal yang sangat penting di lingkungan pekerjaan seperti di industri, rumah sakit, proyek dan lain lain. K3 yang bergerak di bidang keselamatan dan kesehatan kerja ini mencegah atau meminimalisir hal yang menyebabkan kecelakaan dan penyakit akibat bekerja.

saat saya duduk dibangku sekolah menengah kejuruan (SMK) pada tahun 2019 sampai 2020 ketika saya praktik kerja industri di salah satu PT mebel di sidoarjo saya mendapatkan ilmu bagaimana cara kita mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Contohnya seperti saat pekerja sedang membuat papan meja dari besi untuk tempat produksi dimana disaat proses pembuatan dilakukan pengelasan dan memotong besi menggunakan mesin gerinda.

hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan saat bekerja yaitu menggunakan kaca mata las (gogel) disaat melakukan pengelasan untuk melindungi mata dari radiasi sinar ultra violet, sinar tampak dan sinar inframerah. Jika kita mengabaikan alat pelindung diri (kaca mata las) disaat pengelasan bisa menyebabkan gangguan pengelihatan, pembengkakan pada kelopak mata yang mengakibatkan mata perih dan air mata terus keluar di mata, dan lensa mata yang terpapar radiasi pada fungsi transparasi sehingga pengelihatan menjadi kabur.

selanjutnya alat pelindung diri yang dipakai yaitu sarung tangan las (welding gloves) yang berfungsi untuk melindungi tangan dari percikan las atau spater dan panas material yang dihasilkan dari proses pengelasan. sepatu safety tentunya penting digunakan saat melakukan pekerjaan memiliki fungsi yaitu karena sepatu safety bersifat isolator agar pekerja terlindung dari bahaya sengatan listrik, melindungi kaki dari cedera akibat terbentur besi atau benda keras maupun menginjak benda benda tajam di lingkungan kerja.

Terakhir penggunaan alat pelindung diri yaitu alat pernafasan dikarenakan pengelasan juga menghasilkan asap, sebab asap tersebut bukan asap biasa karena asalnya dari hasil pembakaran bahan kimia dari bahan atau material las.

seluruh alat pelindung diri yang disebutkan untuk keselamatan dan perlindungan diri dalam bekerja las sebaiknya digunakan sebagaimana mestinya. karena mencegah risiko kecelakaan kerja dengan mematuhi aturan keselamatan kerja dapat meningkatkan kemungkinan produktivitas kerja yang lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline