Lihat ke Halaman Asli

Ika Triyana

Mahasiswa Universitas Alma Ata Yogyakarta

Universitas Alma Ata: Pilihan yang Tepat untuk Perguruan Tinggi di Jogja

Diperbarui: 6 Agustus 2024   19:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Alma Ata-Penulis

Bantul, 6 Agustus 2024 -  Universitas Alma Ata Yogyakarta (UAA) telah membuktikan diri sebagai salah satu universitas di Jogja yang cepat berkembang dan berprestasi. Berdiri sejak tahun 2006, UAA awalnya merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) yang kemudian berubah bentuk menjadi universitas pada tahun 2015. Transformasi ini tidak hanya mengubah nama, tetapi juga membawa semangat baru dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia. Di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. H. Hamam Hadi, MS., Sc.D., Sp.GK, UAA telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dalam kurun waktu beberapa tahun, UAA telah melompat dari peringkat 2928 pada tahun 2016 menjadi peringkat 66 di seluruh Indonesia pada tahun 2023. Prestasi ini menempatkan UAA pada posisi ke-9 di antara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia dan peringkat ke-2 di antara PTS di D.I. Yogyakarta menurut versi UniRank 4ICU.org 2023  . Rektor Hamam Hadi mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh civitas akademika atas dedikasi dan perjuangan mereka yang telah membawa UAA ke posisi yang sangat membanggakan ini.

Sebagai salah satu universitas di Jogja, UAA menawarkan berbagai program studi yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Program-program ini tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis dan soft skills mahasiswa. UAA mendorong mahasiswanya untuk aktif mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) seperti Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Kampus Mengajar serta program lainnya. Program-program ini memberikan pengalaman praktis yang sangat berharga dan memperluas jaringan profesional mahasiswa. Selain itu, UAA juga memiliki komitmen yang kuat dalam pengembangan karakter mahasiswa. Dengan misi mencerdaskan anak bangsa, UAA berusaha melahirkan ilmuwan, peneliti muda, profesional, dan praktisi yang inovatif, adaptif, kolaboratif, berdaya saing global, dan berakhlaqul karimah. Nilai-nilai ini ditanamkan melalui berbagai program pengabdian masyarakat, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan soft skills.

Fasilitas yang disediakan oleh Universitas Alma Ata (UAA) sangat mendukung proses belajar mengajar. Kampus yang nyaman dan modern memberikan lingkungan yang kondusif bagi mahasiswa untuk belajar dan berkembang. UAA terus berupaya meningkatkan kualitas pengajarannya dengan mengadakan berbagai pelatihan dan workshop bagi dosen-dosen. Dengan semua keunggulan tersebut, tidak heran jika UAA menjadi pilihan utama bagi banyak calon mahasiswa yang mencari universitas di Jogja. Prestasi dan komitmen UAA dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia telah diakui secara nasional maupun internasional. Bahkan, Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin dalam orasi ilmiahnya pada peringatan hari lahir UAA, mengapresiasi upaya UAA dan mengajak generasi muda untuk meningkatkan penguasaan IPTEK, inovasi, dan jiwa kewirausahaan, serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Universitas Alma Ata Yogyakarta adalah bukti nyata bahwa dengan visi yang jelas, kerja keras, dan dedikasi sebuah institusi pendidikan dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat sehingga memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat untuk mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan global. Bagi mereka yang mencari pendidikan tinggi berkualitas di Yogyakarta, UAA adalah pilihan yang tepat.

---
Sumber:

Radar Jogja. "TOP OF THE YEAR 2023, Rektor Universitas Alma Ata (UAA) Prof. Dr. H. Hamam Hadi, MS., Sc.D., Sp.GK: Mengawal UAA Menjadi The Fast Growing University Bahana." Jumat, 5 Januari 2024 | 13:25 WIB.

WartaJogja.id. "Masuki Abad Ke 2 NU, Universitas Alma Ata Yogya Sabet Peringkat Terbaik Di Antara PT NU Se Indonesia" Rabu, 8 Februari 2023.

Situs resmi Humas Kemensetneg RI. "Hadiri Harlah Universitas Alma Ata, Wapres Ajak Generasi Muda Tingkatkan Penguasaan IPTEK, Inovasi, dan Jiwa Kewirausahaan." Senin, 18 Oktober 2021.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline