Lihat ke Halaman Asli

Peran Unisa dalam Menghadapi Covid-19

Diperbarui: 12 Januari 2022   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sejak dua tahun terakhir semenjak Covid-19 melanda dunia para pelajar tak tekecuali para mahasiswa harus melaksanakan pembelajaran secara online demikian pula maha siswa Aisyiyah Yogyakarta juga melaksanakan proses pembelajaran secara online. Walaupun pembelajaran secara online tidak bisa semaksimal seperti pembelajaran tatap muka, akan tetapi semua harus dilaksanakan agar penyebaran Covid-19 bisa terkendali.

Sampai sekarang Covid-19 masih terus menginfeksi penduduk dunia, walaupun sudah mulai meredah namun sepertinya tidak akan hilang begitu saja sampai kapan kita tidak tau Covid-19 akan pergi sehingga kita semua harus siap hidup berdampingan dengan Covid-19. Semogga pandemi ini cepat berlalu dan ekonomi berjalan dengan lancer, sehingga kita semua bisa beraktifitas seperti biasanya. Sebagai salah satu institusi Pendidikan yang bergerak dan berperan aktiv dalam dunia kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta senantiasa berperan dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19 dilingkungan kampus.

Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta aktif berperan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Peran Unisa Yogyakarta dalam menghadapi covid-19 diantarannya yaitu melaksanakan Vaksinasi bagi para mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus Unisa Yogyakarta, mengadakan seminar-seminar nasional tentang Covid-19 bagi para mahasiswa, mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan cara pencegahannya. 

Dengan peran serta Lembaga-lembaga Pendidikan seperti Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta diharapkan bisa meminimalisir penularan Covid-19 sehingga wabah ini bisa teratasi, masyarakat bisa beraktifitas biasanya dan pelajar dan serta tenaga Pendidikan bisa melaksanakan pembelajaran secara ofline.

Berbagai upaya dilakukan agar kuliah tetap dapat dilaksanakan dalam keterbatasan tak hanya itu Unisa bahkan ikut berkontribusi dalam pelaksanakan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan virus Coran. Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Derah Istimewa Yogyakarta dan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) untuk melaksanakan vaksinasi bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus Unisa Yogyakarta. 

Program vaksinasi ini merupakan dari upaya/ikhtiar memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19. Vaksinasi ini tidak hanya memberikan perlindungan untuk diri sendiri tetapi kita juga memeberikan perlindungan kepada orang lain di sekitar kita. Berbagai  cara dalam membantu masyarakat untuk menangani Covid-19 telah ditempuh diantaranya menyediakan alat mengukur kecemasan yang beresiko Covid-19, dan Unisa juga menyalurkan bantuan SEMBAKO sehat keluarga terdampak Covid-19.

Pembelajaran online yang tentunya kita di tuntut untuk sebisa mungkin menggunakan alat elektronik, tetapi yang harus digaris bawahi disini adalah bagaimana memanfaatkan media untuk memeberikan pemahaman terhadap semua orang. Peran mahasiswa Unisa  Yogyakarta disini bisa memanfaatkan berbagai media sosial untuk menambahkan pemahaman tenang virus Covid-19 serta menghimbau untuk tetap mematuhi protocol Kesehatan. Mahasiswa sebagai agen perubahan tentunya memiliki peran vital dalam ikut berpartisipasi untuk mengatasi penyebaran Covid-19 di Indonesa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline