Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Jurnalisme Clickbait di Era Digital

Diperbarui: 13 Oktober 2022   20:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


I. LATAR BELAKANG

 Era digital merupakan sebuah kondisi kehidupan di mana seluruh kegiatan manusia dibantu dan dipermudah dengan kehadiran teknologi informasi komunikasi yang semakin canggih sekaligus cepat dan diikuti dengan adanya kehadiran internet. 

Teknologi informasi komunikasi yang semakin berkembang pesat di era digital telah mengubah kehidupan masyarakat. 

Teknologi informasi komunikasi telah mengubah cara masyarakat berpikir, cara masyarakat dalam menyampaikan pesan-pesan ke media, dan cara masyarakat mengkonsumsi informasi-informasi yang didapatkan melalui media (Hadiyat, 2019: 1). 

Clickbait merupakan judul yang dirancang oleh konten kreator dan menjadi sebuah strategi yang digunakan oleh konten kreator untuk menarik perhatian audiens. 

Konten kreator cenderung membuat clickbait yang mampu memanipulasi pemikiran dan emosi masyarakat yang melihatnya. 

Namun, dengan kehadiran teknologi yang semakin canggih dan diikuti dengan kehadiran internet, clickbait justru digunakan secara berlebihan dan melenceng dari topik yang dibahas. 

Konten kreator cenderung membuat clickbait yang mampu memanipulasi pemikiran dan emosi masyarakat yang berlebihan. 

Clickbait-clickbait yang seperti ini mampu membuat audiens merasa tidak nyaman dan dapat merusak pikiran atau pandangan audiens, citra konten kreator, dan sekaligus konten yang dibuat. 

Clickbait diharapkan melibatkan informasi yang tepat dan relevan serta informatif sesuai dengan konten yang dibahas. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline