Lihat ke Halaman Asli

Instagram sebagai Media Baru

Diperbarui: 5 September 2022   13:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://asset.kompas.com/crop/0x0:1000x667/750x500/data/photo/2017/04/21/3305124549.jpg

Pembahasan lebih lanjut mengenai media baru dapat didengarkan di link berikut: 

https://open.spotify.com/show/55d7dwgqPw1cqgb47MFHEK

Pengertian Media Baru 

Media baru atau new media merupakan media yang digunakan untuk menggambarkan berbagai konten yang disediakan dengan menggunakan berbagai bentuk komunikasi elektronik dengan bantuan internet. 

Konten-konten yang disediakan dan kemudian disebarluaskan menggunakan alat komunikasi elektronik akan dapat dilihat atau diakses oleh semua orang melalui perangkat apa pun. 

Tidak hanya itu, orang-orang juga akan saling berinteraksi dengan mudah secara real-time yang dapat dilakukan melalui chat di kolom komentar yang sudah disediakan oleh media baru dalam konten yang disebarkan (Widodo, 2020:13). 

Telepon, komputer, dunia virtual, media tunggal, situs game, human-computer interface, animasi komputer, instalasi komputer interaktif merupakan contoh dari berbagai jenis media baru (Manovich, 2003 dalam Widodo, 2020:13). 

Karakteristik Media Baru 

Terdapat enam karakteristik media baru yang dikemukakan oleh Martin Lister, dkk (2009:16-44) (dalam Widodo, 2020:14-16):

1. Digital

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline