Lihat ke Halaman Asli

Nathanael Cahya

penulis seputar sehari-hari

Tanya Bagian dari Kehidupan

Diperbarui: 27 September 2022   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Ini bagian dari opini yang ku temui belakangan ini. Sederhananya semua manusia memiliki akal dan budi yang melekat dan jadi bagian dari anugerah kehidupan. Hidup berjalan dengan dinamis dan sangat cepat, ada beberapa hal yang saat ini penting untuk memiliki kemampuan bertanya. Kemampuan macam apa ini? bertanya saja apakah ada hal-hal yang perlu diperhatikan? Jika seperti ini apa tidak makin membuat orang malas bertanya. Dari tulisan sederhana ini saya memaknai moment bertanya.

Bergerak atau bertindak tentu saja ada satu hal mendorong untuk melakukan hal itu. Manusia punya anugerah yang menurut saya itu bagian yang spesial salah satunya adalah kegelisahan dan kegelitikan melihat sesuatu. Jika diartikan lebih dalam lagi manusia mampu merekam keadaan yang terjadi oleh indra yang dimilikinya kemudian memprosesnya dan mendorong untuk melakukan sesuatu atau jika terdapat sebuah hal yang tidak sesuai dengan idelanya.

Maka diawal kembali menyadari hal soal keterkaitan kita dalam memahami sesuatu apakah sudah benar atau tidak? sebelum berbicara soal nurani dan proses sesorang mengambil keputusan dan apapun yang diputuskan.

Maka menurut saya hadirlah 5 W+1H yang terikat dalam pertanyaan dan secara holistik membantu dalam menjawab mengenai bertanya.

Saya tidak akan bahas soal teknik bertanya atau bahkan prinsip dalam membangun bertanya tapi soal bagaimana jika tidak ada dorongan bertanya. Ya itu seringkali muncul di kepala saya. Maka akankha semua yang terjadi pembiaran? atau tidak ada kontrol dari kehidupan ? pada akhirnya pada tulisan ini hanya jadi pengantar sebuah refleksi betapa selama ini saya sendiri dan banyak orang masih belum benar-benar bertanya dan mengoptimalkan kesempatan bertanya yang ada.

ini bagian catatan harian dan tulisan sederhana saya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline