Lihat ke Halaman Asli

Natazha EkaPutri

Pembelajaran

Macam-macam Perangkat Lunak

Diperbarui: 12 Desember 2021   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.bp.blogspot.com

Dalam masa ini penggunaan alat digital sangat penting salah satunya adalah komputer, karena komputer dapat membantu pekerjaan kita sehari-hari untuk input atau output data. Dapat kita ketahui komputer pada umumnya terdiri dari dua perangkat yakni ada perangkat lunak dan ada perangkat keras, jelas kedua perangkat ini memiliki fungsi dan peranan yang berbeda.

Perangkat lunak merupakan suatu istilah khusus untuk data yang di format dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasi dan lainnya yang dapat di baca di tulis atau diakses oleh komputer. Bisa dibilang sesuatu yang tidak berwujud. 

Perangkat keras merupakan suatu komponen atau peralatan fisik yang digunakan untuk pemrosesan data atau infomasi lainnya, contoh nya CPU, RAM, MONITOR, MOUSE, KEYBOARD, PRINTER, SCANNER , DLL.

Berbagai macam tugas dapat lebih mudah dikerjakan oleh komputer, sebab fungsi nya adalah menjebatani antara pengguna dengan komputer. Adapun macam-macam perangkat lunak komputer :

1. Browser

Membantu pengguna untuk menjelajahi atau mengakses informasi melalui internet, pengguna juga semakin di mudahkan dengan adanya layanan seacrh engine. pengguna menjadi lebih mudah melakukan pencarian data dengan menulis kata kunci. Contohnya Chrome, Safari, Internet Explorer.

2. Desain Grafis

Ini cocok digunakan pengguna yang suka atau memiliki pekerjaan di bidang desain , karena perangkat ini berfungsi untuk berkomunikasi visual dalam menyampaikan informasi secara interaktif. Contoh Adobe Indesign, Picture Manager, Dll.

3. Sistem Operasi

Berguna untuk mengendalikan, mengontrol atau memberikan koneksi dengan perangkat komputer. Contoh Linux, Mac, Windows.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline