Lihat ke Halaman Asli

Natasya

Mahasiswa

Lokakarya 1 KKN Tematik (KKNT) Inovasi IPB 2024 Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Diperbarui: 7 Juli 2024   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok KKN IPB 2024 Bersama Perangkat Desa Keteleng/dokpri

Desa Keteleng berada di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Desa Keteleng mengalami kenaikan persentase stunting yang signifikan pada tahun 2022. Potensi UMKM di Desa  Keteleng mencakup pemanfaatan  kekayaan sumber daya alam, terutama umbi-umbian seperti singkong. Peningkatan kesejahteraan pangan, lapangan kerja, dan agroindustri melalui pemanfaatan lahan kosong dan pertanian mudah di Desa Keteleng. Berdasarkan latar belakang tersebut, tim dari KKN Tematik Inovasi IPB 2024 Desa Keteleng mengusung judul Optimalisasi Sumberdaya Wilayah, Pencegahan Stunting, dan Pemberdayaan Pertanian serta Peternakan di Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Periode KKN ini dimulai dari tanggal 24 Juni 2024 sampai 5 Agustus 2024. 

Lokakarya 1 KKNT berisi mengenai pemaparan rencana program kerja yang akan dilaksanakan di Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Lokakarya tersebut dilaksanakan di Balai Desa Keteleng pada tanggal 1 Juli 2024 pukul 10.30 WIB hingga 12.00 WIB. Pada acara tersebut, turut mengundang Bapak Kepala Desa, perangkat desa, dan mitra.

Rencana program utama terdiri dari Pemanfaatan Singkong Hasil Desa, Sosialisasi Pencegahan Stunting pada Ibu Hamil dan Ibu dari Balita, serta Pemanfaatan Lahan Kosong dengan Penanaman Sayuran Menggunakan Media Pupuk Kandang. Selain itu, program kerja lainnya adalah Mengajar di TPQ Miftahul Jannah, Membantu Kegiatan Posyandu di Desa Keteleng, Praktik Membuat Pakan Ternak, dan Kunjungan ke SDN 03 Keteleng. 

Program utama dari Pemanfaatan Singkong Hasil Desa adalah membuat inovasi olahan singkong berupa stik singkong serta membina untuk proses produksi dan bisnis. Tujuan dari program tersebut yaitu warga terkhusus petani singkong dapat mengolah singkong secara baru dan unik untuk konsumsi harian atau untuk dijual. Program utama dari Sosialisasi Pencegahan Stunting pada Ibu Hamil dan Ibu dari Balita adalah mensosialisasikan mengenai stunting kepada ibu hamil dan ibu dari balita, pentingnya mengetahui stunting, ciri-ciri, dampak, serta membagikan sandwich pasta hati ayam dan bubur kacang hijau. Tujuan dari program tersebut adalah memahami dan mempraktikkan upaya pencegahan stunting. Program utama dari Pemanfaatan Lahan Kosong dengan Penanaman Sayuran Menggunakan Media Pupuk Kandang adalah sosialisasi pembuatan pupuk dan penanaman sayuran serta perawatannya sebagai bentuk dari pemanfaatan lahan kosong. Tujuan dari program tersebut adalah memanfaatkan lahan kosong untuk meningkatan ketahanan pangan di tingkat keluarga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline