Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Sejarah Perkembangan Internet di Dunia?

Diperbarui: 10 November 2022   19:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: superyou.co.id

Perngertian Internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network yang dimana mempunyai arti yaitu sebuah sistem atau jaringan komputer yang terkoneksi secara global dengan menggunakan Internet Protocol Suite (IP) yang dapat saling menghubungkan perangkat-perangkat yang ada di dunia (Widodo, 2020: 3). 

Sejarah Berkembangnya Internet

Perkembangan internet ini diawali pada tahun 1960-an pada saat Ted Nelson menciptakan hypertext. Hypertext ini bermula saat Ted Nelson ingin menciptakan sistem yang dapat membantu memudahkannya mengatur dokumen-dokumen. 

Kemudian hypertext mulai dikenalkan kepada publik pada tahun 1963. Selang 2 tahun, pada 3 Februari 1965, Ted Nelson memperkenalkan tentang dokumen yang dapat disimpan dan saling bertautan sehingga pengaksesannya dapat dilakukan di tempat lain. 

Ted Nelson (sumber: hcipioneers.wordpress.com)

Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan beberapa komputer membentuk sebuah jaringan organik yang dilakukan pada tahun 1969 (Nuriadin & Harumike, 2021: 3). 

Riset ini menghasilkan program yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). ARPANET ini yang juga menjadi cikal bakal dari Internet (Widodo, 2020: 5). Tahun 1957, Uni Soviet meluncurkan satelit pertamanya di Sputnik yang dianggap Amerika Serikat justru menjadi sebuah ancaman bagi mereka. 

Pada tahun 1970-an, ARPANET semakin berkembang yang kemudian mulai digunakan di beberapa kampus. Proyek ARPANET ini mendemonstrasikan hardware dan software untuk dapat berkomunikasi secara jarak jauh menggunakan saluran telepon (Saroji, dkk, 2021: 67).

ARPANET juga berhasil membuat program e-mail yang dibuat oleh Ray Tomlinson dengan menggunakan simbol '@'. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline