Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Bisnis Online

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13268608021178843938

Banyak hal berubah ketika Internet dapat digunakan oleh umum. Salah satu perubahannya terlihat dari semakin banyak sektor swasta yang menggunakan internet. Perkembangan teknologi komunikasi massa menjadi semakin canggih, sehingga informasi dapat berpindah dengan sangat cepat karena media komunikasi baru yaitu Internet sebagai media online. Media online dapat diakses secara leluasa, tanpa batas, dimanapun, siapapun dan kapanpun dalam penyebaran informasinya. Dewasa ini masyarakat tidak hanya membutuhkan informasi yang aktual, menarik dan akurat saja, namun juga kecepatan. Media massa yang mampu memediasi kebutuhan tersebut adalah media online, sebelumnya masyarakat mulai mengenal keberadaan news di Internet, yang dikenal sengan sebutan portal berita. Kini masyarakat mulai mempertimbangkan keberadaan bisnis online. Maraknya bisnis online yang berkembang saat ini membuat banyak pihak berlomba-lomba untuk ikut berpartisipasi. Hal ini terlihat dari penggunaan beberapa social media sebagai sarana untuk berjualan online, seperti facebook yang digunakan sebagai media online shopping. Kostumer hanya perlu membuka facebook dan memilih barang yang diminati, selanjutnya setelah pembayaran dikonfirmasi barang akan langsung dikirim. Kostumer tidak perlu repot-repot mengunjungi beberapa tempat untuk mencari barang yang mereka inginkan. Kemudahan seperti ini yang membuat perkembangan bisnis online semakin marak. Dapat dilihat sekarang banyak bermunculan penjualan voucher-voucher yang memberikan potongan harga dengan sangat miring. Bisnis seperti ini dikenal dengan sebutan daily deals, seperti DealKeren, Lapar, Hemat, dan sebagainya. Dalam bisnis online ini, kostumer dapat membeli barang dengan potongan harga hingga 90%. Di samping perkembangan daily deals yang terus bermunculan, ada juga bisnis online yang sedang marak yaitu marketplace. Dengan marketplace, kostumer dapat berbelanja tanpa perlu mendatangi mall. Marketplace menyediakan kebutuhan berbelanja dengan kemudahan, dengan konsep yang kurang lebih sama seperti daily deals. Beberapa marketplace yang sedang berkembang di Indonesia antara lain, Rakuten, Krazymarket, Bhineka, dan sebagainya. Perkembangan daily deals dan marketplace ini juga ditunjang dengan munculnya aggregator yang semakin memudahkan kostumer. Kostumer dapat melihat promo-promo yang ditawarkan oleh daily deals dan marketplace cukup dengan membuka satu website. Aggregator ini merupakan kumpulan-kumpulan dari daily deals dan marketplace, seperti DealGoing (http://id.dealgoing.com/). DealGoing berusaha memenuhi kebutuhan para kostumernya dengan menyajikan sebanyak-banyaknya deals dari berbagai daily deals. Saat ini DealGoing juga meluncurkan menu baru bernama shopping mall, dimana dalam menu ini terdapat kumpulan-kumpulan marketplace. Kostumer hanya perlu mengunjungi satu website untuk mendapatkan kemudahan berbelanja. Dengan banyaknya kemunculan bisnis online dewasa ini, dapat dilihat perkembangannya beberapa tahun ke depan. Mungkin selanjutnya semua dapat dilakukan hanya dengan "click" saja.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline