Lihat ke Halaman Asli

Natasya Apriliani

Mahasiswa Komunikasi penyiaran islam di UIN prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Mahasiswa KKN UIN Saizu, Gelar Pelatihan Ecoprint untuk Ibu-Ibu PKK di Desa Kamulyan

Diperbarui: 1 Agustus 2024   01:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kknuinsaizudesakamulyan

Kebumen -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata(KKN) Kelompok 48 mengadakan pelatihan Ecoprint pada Totebag bersama dengan ibu-ibu PKK Desa Kamulyan pada Rabu, 31/07/2024. Pelatihan ecoprint ini diadakan sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat desa melalui keterampilan baru, yakni teknik ecoprint.

 Ecoprint sendiri merupakan proses pencetakan warna alami pada kain totebag menggunakan bahan-bahan organik seperti daun, bunga, dan kulit tanaman lainnya. Didalam ecoprint terdapat dua metode yaitu metode pounding (dipukul) dan metode steam (dikukus). Pada pelatihan hari ini mahasiswa KKN memilih menggunakan metode pounding sebagai pembuatan kerajian corak pada totebag. 

Ibu Sukarni, Selaku Ketua PKK Desa Kamulyan mengatakan "program pelatihan ecoprint ini sangat bagus dan menarik minat ibu ibu PKK, Saya lihat ibu-ibu nya banyak sekali yang membawa bunga dan tanaman yang menarik. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua". 

Selanjutnya, Abdul Fatah selaku Host pada acara ini, mengatakan "pelatihan ecoprint ini kita adakan dengan tujuan untuk meningkatkan kreatifitas ibu-ibu PKK di Desa Kamulyan, semoga pelatihan ini bisa bermanfaat bagi ibu-ibu semua dari KKN hanya bisa membantu sedikit." 

Berkat antusias ibu-ibu PKK acara ini bisa berjalan dengan lancar dan meriah. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana mereka membawa berbagai macam tanaman dan bunga yang menarik dan mereka saling berlomba memberikan hasil yang terbaik untuk menciptakan pola kain yang unik.

 Penulis : Natasya Apriliani dan Roid Fauzan (Tim KKN UIN Saizu)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline