Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang: Optimalisasi Sistem Keuangan UMKM Desa Ngingit dengan Pelatihan Akuntansi Dasar

Diperbarui: 29 Juli 2022   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Pencatatan Keuangan UMKM Secara Manual Pada UMKM Desa Ngingit merupakan salah satu dari beberapa program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa peserta KKN Mode Blok dari Universitas negeri Malang yang dilaksanakan pada Senin, 4 Juli 2022 berlokasi di Balai Desa dan dihadiri oleh pemilik UMKM di Desa Ngingit dan  perangkat desa yang ikut serta berpartisipasi dalam acara tersebut.  

Kegiatan ini merupakan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat desa, yang diharapkan dapat memberikan bekal ilmu pengetahuan mengenai pembukuan bagi masyarakat desa khususnya para pemilik UMKM dikarenakan minimnya ilmu serta pemahaman mengenai akuntansi dasar dan pembukuan oleh  masyarakat setempat. 

Sosialisasi tersebut ber tujuan untuk memberikan pengetahuan serta meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya  akuntansi dalam sebuah usaha terutama dalam hal pencatatan dan pembukuan keuangan kepada para pemilik UMKM agar terciptanya sistem keuangan usaha yang optimal.

Dokpri

Sebelum kegiatan dimulai Para peserta kegiatan mendapatkan handout berupa modul yang berisikan materi dan latihan soal yang akan dipaparkan  oleh pemateri. 

Kegiatan dimulai pukul 10:00 WIB dengan dibuka oleh ibu kepala desa. acara tersebut terbagi menjadi dua sesi, yang pertama sesi penyampaian materi yang dilakukan dengan metode ceramah disampikan oleh pemateri mengenai akuntansi dasar.

Pada sesi kedua penyampaian dilakukan dengan metode interaksi dua arah antara pemateri dan peserta pelatihan yaitu dengan adanya tanya jawab mengenai pencatatan keuangan yang didampingi oleh mahasiswa KKN khususnya para Mahasiswa jurusan akuntansi. 

Para peserta kegiatan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut ditandai dengan aktifnya dalam berdiskusi dan tanya jawab bersama pemateri.

Dokpri

 
Acara ini diakhiri dengan doa dan makan bersama serta foto bersama para peserta kegiatan, diharapkan dengan adanya Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Pencatatan Keuangan UMKM Secara Manual Pada UMKM Desa Ngingit dapat menjadikan para pemilik UMKM membuat pembukuan keuangan usaha serta terciptanya sistem keuangan usaha yang baik .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline