Lihat ke Halaman Asli

Natasya A.S

Keep smile

Perbedaan Itu Indah Jika Kita Bisa Saling Menghargai

Diperbarui: 22 September 2020   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Indonesia sangat indah dan kaya akan keanekaragaman budaya,suku bangsa serta ras. Dengan banyak keberagaman tersebut Indonesia banyak di kenal oleh negara-negara lain, kita sebagai warga negara indonesia patut bangga akan hal tersebut dan dengan keberagaman tersebut kita harus bisa saling menghargai juga menghormati satu sama lain yang berbeda suku maupun ras dengan kita. 

Menghargai sesama itu sangatlah penting agar negara ini tetapa aman, damai dan tentram karena "berbeda-beda tetapi tetap satu jua"(Bhineka Tunggal Ika). 

Kita sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri kita pastinya akan membutuhkan bantuan orang lain. Seperti saya membutuhkan sahabat untuk mendengarkan segala cerita saya baik suka maupun duka, saat duduk di bangku SMA saya mempunyai dua orang sahabat yang bahkan sudah saya anggap seperti keluarga ataupun saudara sendiri. 

Mereka sangat baik dan selalu membantu saya saat susah maupun senang mereka mampu membawa saya menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi meskipun kami berbeda suku dan budaya. 

Sebagaimana kita tau bahwa bahasa setiap daerah itu berbeda dan sekarang banyak bahasa daerah yang tidak di ketahui oleh anak-anak muda zaman sekarang mereka lebih mengenal dan akrab dengan bahasa masa kini (gaul). 

Saya sangat setuju apabila ada sekolah yang menerapkan penggunaan bahasa daerah di lingkungan sekolah karena itu salah satu cara agar bahasa daerah tersebut tidak tergerus oleh zaman yang semakin maju dan terus berkembang.

Menurut saya pembelajaran mengenai keanekaragaman budaya, suku bangsa juga ras sangatlah penting untuk di pelajari agar keberagaman itu terus terjaga dan tidak mudah di akui milik negara lain. Hal ini memang sangat penting karena biasanya ada orang yang hanya mengetahui budaya dari suku mereka sendiri tapi tidak mengetahui budaya daerah lain. 

Banyak orang yang masih kurang menghargai suku orang lain padahal seharusnya kita sesama manusia harus bersikap baik dengan menghargai juga menghormati suku dan budaya orang lain karena dengan begitu kita tidak akan mudah tercerai berai nantinya. 

Ya, saya sangat tertarik untuk belajar bahasa inggris dengan materi berbasis multibudaya indonesia hal ini di karenakan saya bisa mengetahui banyak kosa kata baru dan juga sebelumnya saya tidak pernah belajar bahasa inggris dengan materi tersebut.

Seorang guru harus bisa membantu menyelesaikan permasalahan atau perbedaan pendapat yang ada di antara siswanya, guru harus mampu bersikap adil dalam membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda dan tidak jarang hal tersebut menimbulkan perbedaan pendapat misalnya si A berpendapat bahwa "belajar bahasa inggris itu sulit" sedangkan si B berpendapat yang beda dia menganggap bahwa "belajar bahasa inggris itu tidak sulit" karena hal seperti inilah biasanya timbul permasalahan dengan teman sendiri atau siapapun. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline