Bahwa dapat diketahui saat ini banyak sekali para konten kreator, seller maupun artis yang mempromosikan produk mereka maupun endosan melalui tik tok shop. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini perkembangan teknologi di media sosial dan menjadi bagian dalam UMKM. Tik tok shop dan Media Sosial merupakan teknologi yang tidak dapat terpisahkan dari aktivitas UMKM. Penggunaan tik tok shop telah menjadi trend pada kalangan UMKM di media sosial. Keberadaan tik tok shop telah memberikan kontribusi besar dalam mengoptimalkan pemasaran UMKM. Penggunaan tik tok shop memungkinkan UMKM untuk mengakomodasi berbagai preferensi pembelanjaan secara online, mempermudah pelanggan dan meningkatkan kenyamanan dalam berbelanja secara online, serta dapat memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian tanpa harus keluar rumah. Dengan demikian, tik tok shop memberikan keuntungan yang signifikan bagi UMKM. Adanya tik tok shop ini sangat memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian tanpa harus keluar rumah.
Selain itu, penggunaan Media Sosial menjadi sarana yang tepat untuk memperluas jejak pasar bagi UMKM diberbagai kota maupun di luar untuk mempromosikan produk. Melalui tik tok shop UMKM dapat menjual setiap produk untuk dipromosikan supaya lebih luas, menjangkau pelanggan potensial yang lebih banyak, dan membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan. Bayangkan saja, dengan satu postingan di tik tok, produk UMKM tersebut dapat dilihat oleh ribuan bahkan jutaan orang. Tentu saja ini membuka peluang yang sangat besar untuk meningkatkan penjualan dan mencapai pasar yang lebih luas. Kolaborasi antara tik tok shop dan media sosial memiliki potensi yang luar biasa untuk memperluas jejak pasar dan meningkatkan keuntungan UMKM. Media sosial adalah sarana yang efektif untuk memperluas jangkauan produk atau jasa UMKM, sementara tik tok shop adalah salah satu platform jual beli online yang populer di Indonesia, yang memungkinkan penjual untuk menawarkan produknya ke pengguna TikTok secara langsung. Penjual maupun kreator dapat menjual produknya melalui in-feed videos, LIVE , dan tab katalog produk. Fitur ini tersedia untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis. Dengan memanfaatkan sinergi ini dengan baik, UMKM dapat mengoptimalkan efisiensi pemasaran, memperluas basis pelanggan, dan meningkatkan keuntungan usaha.
Oleh karena itu, sangat penting bagi UMKM untuk memanfaatkan potensi gabungan tersebut secara optimal dan terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren terkini. Kedepannya, kemitraan ini juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk promosi produk yang dilakukan oleh toko-toko tik tok shop di seluruh Indonesia, sehingga memberikan dampak positif yang lebih positif bagi para penjual.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H