Lihat ke Halaman Asli

Natalis Ransi

learn and share

Tips Cara Berenang bagi Anak #3 Latihan Ayunan Kaki

Diperbarui: 21 Agustus 2022   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Teknik dasar selanjutnya yang harus dikuasai anak ketika baru mengawali belajar berenang adalah cara kaki mengayun. Hal ini sangat penting untuk memastikan badan anak bergerak maju ketika mengayunkan kaki. 

Anak-anak dapat menggunakan dua alat bantu kickboard dan fins. Tempatkan kickboard dibagian depan agar dapat membantu ketika anak mengangkat kepala untuk mengambil udara. Fins atau kaki katak dapat melatih anak untuk selalu meluruskan kaki saat mengayun. Harus dipastikan anak mengayun kaki dengan tumpuan kekuatan ada pada paha.

Video berikut nio memperagakan latihan ayunan kaki yang dimaksud. 


Pastikan kaki, tubuh, dan kepala pada posisi lurus dan datar. Posisi ini sering disebut sebagai streamline position.  Tips untuk melakukan latihan ini adalah setiap 6 - 10 ayunan kaki, anak mengambil napas. Tips ini juga melatih napas anak lebih baik ketika mulai berenang nantinya. Lakukan ini sepanjang 4 x 25 meter. 

Jangan lupa diakhir pemanasan lakukan 5 kali latihan pernapasan, tahan 3-5 detik setiap kali masuk kedalam air. Lepaskan udara secara perlahan melalui hidung.

Selamat mencoba




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline