Lihat ke Halaman Asli

Natalia Supit

Guru PAUD

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Diperbarui: 7 Desember 2022   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tingkat intelegensi siswa memang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, namun hal itu bukanlah faktor utama, ada faktor-faktor lain yang mendukung prestasi belajar yang diperoleh siswa.Seperti dinyatakan oleh Slameto bahwa prestasi belajar siswa tidak semata-mata dinyatakan oleh tingkat intelektualnya, tetapi ada faktor-faktor lain seperti motivasi, sikap, kesehatan fisik dan mental, kepribadian, ketekunan dan lain-lain[1].

 

Linda Wahyudi mengatakan bila anak menampilkan prestasi buruk di sekolah, sebaiknya jangan terlampau cepat mengambil kesimpulan bahwa  ia adalah anak bodoh. Banyak faktor  yang mempengaruhi prestasi anak. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam diri anak dan dapat pula dari luar diri anak.Di antara faktor-faktor tersebut orangtua merupakan faktor yang cukup penting, dikarenakan orangtua merupakan tokoh yang penting di dalam kehidupan seorang anak.[2]

 

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seorang siswa adalah sebagai berikut:

H.M. Alisuf  Sabri mengatakan bahwa ada berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang secara garis besar dibagi menjadi dua,yaitu :

 

Faktor Internal Siswa

 

Faktor fisiologis siswa, seperti kesehatan dan kebugaran fisik, serta kondisi panca inderanya terutama penglihatan dan pendengaran.

Faktor psikologi siswa, seperti minat, bakat,intelegensi, motivasi, dan kemampuan-kemapuan kognitif serta kemampuan persepsi, ingatan, berpikir dan kemampuan dasar pengetahuan ( bahan apersepsi yang dimiliki siswa ).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline