Lihat ke Halaman Asli

TB 1 Menerapkan Konsep Etika pada Kehidupan Mahasiswa

Diperbarui: 30 September 2022   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Nama : Natasha Puspa Faradilla

NIM : 43221010115

Dosen : Apollo, Prof. Dr,M. Si.Ak

Kampus : Universitas Mercu Buana

Apa yang dimaksud dengan etika?

Secara Bahasa atau etimologis, etika berasal dari Bahasa Yunani kuno yaitu “ethos” dan “etikos”. Kata “ethos” memiliki arti sebagai sifat, watak, adat, kebiasaan, maupun tempat yang baik. 

Sedangkan kata “ethikos” berarti susila, keadaban, atau kelakukan dan perbuatan yang baik. Kata etika juga di bendakan menjadi “etik” yang berarti kumpulan nilai yang berkenaan dengan akhlak atau nilai yang benar dan salah yang dianut oleh suatu golongan ataupun masyarakat, dan juga “etiket” yang merupakan tata cara ataupun adat sopan santun dalam masyarakat.

Pengertian etika secara terminologis berarti melihat dari sisi baik atau buruknya perbuatan manusia. Terdapat keterampilan intelektual pada etika secara terminologis. Keterampilan intelektual tersebut digunakan untuk berargumentasi menggunakan unsur etis seperti kebebasan, bertanggungjawab, hati nurani, dan kesadaran moral.

Kebebasan menjadi unsur pokok dalam etika karena membuat etika jadi bersifat secara rasional. Kebebasan ini mengarah pada sifat yang positif dimana kebebasan dapat membuat orang berpikir secara rasional dengan mempertimbangkan pikiran yang logis serta dengan akal sehat. 

Selanjutnya unsur tanggungjawab yang muncul sebagai akibat dari tindakan. Yang artinya seseorang tidak dapat menghindari pada apa yang telah ia perbuat. Lalu selanjutnya ada hati nurani tentang nilai baik ataupun buruk. Hati nurani berhubungan dengan kesadaran manusia. Selanjutnya prinsip kesadaran moral yang memuat 3 (tiga) unsur tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline