Lihat ke Halaman Asli

Nasywa Hapsari Salsabila

Universitas Airlangga

Menghilang Sherly Hiu Paus dari Laut Gorontalo

Diperbarui: 3 Juni 2024   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sherly yang keberadaan nya menghilang dari laut gorontalo, sherly sendiri merupakan hiu paus yang menjadi suatu destinasi yang berada di laut gorontalo tepatnya di Perairan Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo menjadi destinasi favorit wisawatan domestik maupun turis asing untuk melihat dari dekat hiu paus (Rhincodon Typus) dengan menggunakan perahu wisata. Selain melihat diatas perahu para wisatawan dapat menyelam, memberikan makan dengan udang yang telah disediakan serta berfoto dengan sherly si hiu paus.

Hiu paus merupakan hewan spesies ikan terbesar yang dilindungi secara penuh oleh negara, mempunyai ukuran rata-rata sekitar 9,7 meter dan berat 9 ton, memiliki mulut berukuran besar hingga 15 meter yang berisikan 10 lembaran penyaring dan sekitar 300-350 deret gigi kecil-kecil. Hiu paus snediri memiliki lima pasang insang berukuran besar, dua mata kecil di ujung depan kepalanya yang datar dan lebar. Warna tubuh umumnya keabu-abuan dengan perut putih, tiga gigir memanjang terdapat di masing-masing sisi tubuhnya, serta lukisan bitnik-bintik dan garis kunng keputihan.

Namun akhir-akhir ini sherly dan teman nya menghilang dari laut Gorontalo, hilang nya sherly dan teman-teman nya bukan tanpa sebab melainkan kedatangan dari paus orca atau sering disebut dengan paus pembunuh di laut Gorontalo. 

Paus orca merupakan puncak rantai makanan dilaut sehingga hiu paus yang sebelum nya berada di laut Gorontalo menjauh karena merasakan ancaman dari hadirnya paus orca tersebut. Dari radar yang dipasang sherly masih berada di laut Sulawesi tetapi teman-teman sherly sudah menjauh dari laut Sulawesi. 

Dengan hilang nya sherly dan teman-teman nya banyak pengunjung yang kecewa dikarenakan telah jauh-jauh datang untuk melihat sherly dan teman-teman nya. Dmapak ini pun juga berpengaruh pada pemilik perahu yang menyediakan jasa untuk melihat hiu paus tersebut, sehingga para pemilik perahu mencari cara lain untuk menghasilkan uang sampai hiu paus kembali ke laut Gorontalo.

Semoga sherly dan teman-temannya segera kembali ke laut gorontalo agar ekonomi warga skeitar dapat kembali berjalan seperti semula dan para pengunjung mendapat kenangan yang tidak terlupakan dengan hiu paus yang dapat dili




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline