Lihat ke Halaman Asli

Nasywa Kamilah

Mahasiswa/Pelajar

Mahasiswa KKN-T IPB: Penanaman Bibit Hortikultura Bersama Ibu KWT di Desa Ciparanti

Diperbarui: 24 Juli 2023   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Sumber: Dokumentasi Pribadi 

Mahasiswa KKNT IPB bersama Ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Ciparanti Kecamatan Cimerak melaksanakan tanam bibit hortikultura. Kegiatan diawali dengan melaksanakan penyemaian bibit. Bibit yang ditanam merupakan komoditas cabe rawit, terong, dan tomat. Pemilihan komoditas tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pangan Ibu-Ibu KWT sehari-hari. Penyemaian dilakukan pada hari Sabtu, 1 Juli 2023.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Hari Senin, 19 Juli 2023 dilakukan pemindahan bibit tanaman ke polybag. Bibit tanaman yang sudah memiliki 4-5 daun sudah bisa dipindahkan ke polybag agar dapat tumbuh secara maksimal. Jumlah polybag yang terisi oleh tanaman kurang lebih 100 polybag.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Salah satu Ibu KWT, Ibu Imas Suryaman mengatakan antusias dengan adanya penanaman bibit hortikultura ini. Ibu-Ibu KWT bisa sharing pengetahuan dengan mahasiswa terkait cara menanam tanaman yang benar pada media polybag.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

"Sangat senang sekali, ada anak-anak KKNT IPB yang membantu cara menanam tanaman hortikultura yang baik dan benar, mudah-mudahan bermanfaat bagi kami selaku Kelompok Wanita Tani", ujarnya. (19/07/23).


Selain melakukan penanaman bibit hortikultura, para Ibu KWT juga diberikan benih cabe rawit, terong, tomat, pupuk, dan polybag agar dapat digunakan untuk bercocok tanam secara mandiri dirumah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline