Serang, Banten — Rumah Sakit Sari Asih merupakan Rumah Sakit Swasta yang tergabung pada PT Sari Asih Group dan terdapat pada berbagai daerah, salah satunya Provinsi Banten. Rumah Sakit Sari Asih Serang berada pada titik strategis Kota Serang dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Serang dan sekitarnya. Rumah Sakit Sari Asih Serang terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya sesuai dengan motto mereka yaitu “Melayani dengan Kasih Sayang”.Salah satu aspek penting bentuk pelayanan dari Rumah Sakit Sari Asih adalah menanggapi jika ada keluhan dari masyarakat agar dapat dijadikan perbaikan. Salah satu tanggung jawab humas adalah menjembatani antara masyarakat dan pihak rumah sakit sehingga ketika ada permasalahan dapat langsung ditemukan solusi. Dalam wawancara yang telah dilakukan dengan Kepala Bidang Humas Rumah Sari Asih Kota Serang Agus Ramdani, SE. Terdapat Etika dari Rumah Sakit Sari Asih Serang dalam Pelaksanaan Manajemen dan Program di Dalam Rumah Sakit salah satunya “Fasilitas Penanganan Pengaduan Masyarakat”. Lalu dengan kode etik tersebut apakah Humas Rumah Sakit Sari Asih benar - benar melakukan sesuai dengan kode etik tersebut?
Kode etik menjadi acuan yang harus di ikuti oleh seluruh pihak terkait, Dalam Wawancara tersebut Agus Ramdani menyampaikan “Bekerja sesuai dengan aturan perusahaan merupakan respon yang harus diberikan. Tidak untuk dilanggar, hal ini bentuk profesionalitas dan komitmen dengan lembaga.” Maka dari itu, penting bagi humas rumah sakit sari asih untuk bekerja dengan ikhlas dan mengikuti kode etik yang ada. Citra dan opini publik sangat dipengaruhi oleh kinerja dari seorang humas, humas bertanggung jawab memastikan citra Rumah Sakit baik di mata publik dan tetap sejalan dengan Motto dan Tujuan dari Rumah Sakit tersebut.
Pelayanan yang prima menjadi salah satu nilai positif bagi sebuah Rumah Sakit, begitu pula dengan Rumah Sakit Sari Asih Serang. Tentu dalam setiap pelayanan dapat terjadi sebuah krisis namun bagaimana sebuah institusi menanggapi krisis tersebut adalah hal yang paling penting. Pihak Rumah Sakit Sari Asih ketika mendapati keluhan dari masyarakat langsung memberikan tanggapan, jawaban, dan solusi dari setiap keluhan yang ada.
“Setiap pelayanan pasti tidak lepas dari yang namanya complain. Kami memaknai complain tersebut sebagai masukan/ saran/ inputan. Sehingga Apabila terjadi complain tersebut, kami menerima dan mendengarkan keluhan dari orang tersebut dan menanggapi nya dengan maksud yang tulus dan tidak menyinggung perasaan orang tersebut, jadi komunikasi merupakan satu hal utama dan penting untuk menyatukan satu pemikiran. Termasuh ke pihak ketiga/ outsourcing. Jadi Apabila terdapat complain, kita dapat lebih mudah mengetahui dimana kesalahannya dan dapat menyelesaikan masalah tersebut. Dalam hal ini, kolaborasi menjadi titik tekan. Dimana setiap bagian saling terkait satu sama lain termasuk pihak ketiga dan menjalankan tupoksi sesuai pekerjaannya masing-masing dengan tetap saling berkoordinasi” Ucap Kepala Bidang Humas Rumah Sakit Sari Asih Serang
Rumah Sakit Sari Asih Serang terbuka dalam memberikan layanan dan memfasilitasi masyarakat ketika terdapat keluhan sehingga dapat ditemukan solusi yang tidak merugikan ataupun menyinggung seluruh pihak terkait. Keluhan yang ada dijadikan bahan evaluasi dan motivasi sehingga Rumah Sakit Sari Asih Serang dapat lebih baik lagi melayani masyarakat sesuai dengan Motto dan tujuan yang dimiliki.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H