Lihat ke Halaman Asli

Funfact Tentang Kumbang

Diperbarui: 18 September 2024   10:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kumbang termasuk dalam kelas serangga dengan nama ilmiahnya yakni '' yang berasal dari bahasa Yunani dan memiliki arti "Sayap berselubung". Ordo Coleoptera merupakan ordo terbesar di kelas serangga.
Ordo Coleoptera memiliki spesies lebih banyak daripada ordo manapun, meliputi hampir 25% dari seluruh jenis bentuk kehidupan hewan yang diketahui.Sekitar empat puluh persen dari seluruh spesies serangga yang telah terdeskripsi adalah kumbang (sekitar 400.000 spesies) dan spesies baru sering ditemukan. Famili taksonomi paling besar, Curculionidae, juga masuk dalam ordo ini.
Di Indonesia banyak sekali jenis kumbang yang tersebar luas di Nusantara, diantaranya kumbang bintik (ladybug), kumbang daun, kumbang tanduk, kunang-kunang, kumbang berbentuk Laba-laba (spider beetle), kumbang darat, kumbang kotoran, kumbang penggerek dan masih banyak lagi. Kumbang dapat ditemukan di hampir semua habitat yang tersedia, termasuk di air dan tanah. Karna funfact nya kumbang dapat hidup di berbagai tempat, kecuali di lautan dan wilayah kutub. Secara garis besar kumbang adalah hewan herbivora, ia memakan dedaunan, akar, biji, dan buah-buahan, jadi tidak heran jika kita menemukan daun yang berlubang di sekitar kita. Secara garis besar kumbang memang hewan herbivora, akan tetapi ada pula kumbang karnivora, contohnya kumbang pemangsa, ia adalah predator yang memangsa serangga lain seperti ulat, belalang, bahkan kumbang lain.
Kumbang memilki dua pasang sayap, yakni sayap bagian depan dan sayap bagian belakang. Sayap depan disebut "Elytra" Yang bertekstur keras dan tebal, berfungsi sebagai pelindung sayap belakang dan tubuh kumbang. Sayap belakang kumbang tipis tidak setebal saya depannya, dan itu digunakan untuk terbang. Saat kumbang tidak terbang maka saya belakang akan terlipat di bawah elytra. Elytra kumbang memilki berbagai bentuk, ukuran, dan warna, ini biasanya digunakan untuk membedakan dan mengidentifikasi spesies kumbang tertentu.
Umumnya kumbang tidak berbahaya bagi manusia, akan tetapi beberapa spesies kumbang dapat menyebabkan masalah . Tapi jangan khawatir karna positif nya keberadaan kumbang lebih banyak daripada negatif nya. Kumbang memiliki peran penting dalam ekosistem alam dan Memberikan berbagai macam manfaat bagi manusia. Seperti,
1. : dimana kumbang kotoran membantu menguraikan bahan organik seperti kotoran hewan dan kayu mati.
2. : dimana beberapa spesies kumbang membantu dalam proses penyerbukan tanaman.
3. : seperti kumbang pemangsa yang memakan serangga hama seperti kutu daun dan ulat.
4. : kumbang merupakan sumber makanan penting bagi banyak hewan seperti burung dan reptil.
5. : beberapa kumbang dapat menghasilkan zat yang dapat digunakan untuk membuat warna, obat obatan dan bahan lainnya.
6. : keberadaan atau ketiadaan spesies kumbang dapat menentukan kualitas suatu air, udara, dan tanah.
Jadi secara keseluruhan, kumbang memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan memberikan banyak manfaat bagi manusia.
Sumber:
*https://id.wikipedia.org/wiki/Kumbang
*https://kids.grid.id/read/473830185/10-fakta-menarik-kumbang-serangga-yang berusia-200-juta-tahun-
*Question.AI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline