Lihat ke Halaman Asli

Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 melalui Program KKN Tematik UPI 2021

Diperbarui: 13 Maret 2021   23:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada awal tahun 2020 pemerintah mengumumkan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Mengikuti perkembangan hari demi hari kasus COVID-19 semakin meningkat. Semakin bertambahnya angka kasus Virus COVID-19 membuat para pemimpin diberbagai negara mencari langkah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19 termasuk Indonesia.  Pemerintah Indonesia sendiri mengeluarkan berbagai kebijakan diantaranya yaitu dengan diberlakukanya  Pembatasan Sosial Bersekala Besar(PSBB) dan work from home (WFH). Kegiatan PSBB diatur dalam PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial bersekala besar dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Dengan diberlakukanya PSBB dan work from home memberikan dampak aspek diberbagai bidang kehidupan. Salah satu aspek yang dirasakan pada saat ini yaitu di bidang pendidikan dan ekonomi masyarakat.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan merupakan sebuah lembaga pendiddikan tinggi di Indonesia yang berkiprah dalam bidang pendidikan. Dengan tujuan pengembangan manusia yang beriman, bertaqwa, bermoral, berakhlak mulia, berilmu, professional, religius, dan memiliki integritas dan cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia.

Kuliah Kerja nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi. Program KKN yang di adakan UPI merupakan program KKN yang bersifat wajib dikontrak oleh seluruh mahasiswa UPI khususnya program (S1) yang termuat dalam mata kuliah umum (MKU) dengan bobot 2 SKS.  Tujuan dari kegiatan KKN ini adalah (1) Melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah pembangunan di masyarakat, (2) Melatih mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi suatu program di masyarakat, dan (3) Menggali berbagai kondisi masyarakat sebagai Feedback  (Umpan Balik ) bagi Universitas dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

 Ditengah pandemi COVID-19 Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan kegiatan KKN Tematik COVID-19 dengan tema  Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penangulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan dan ekonomi pada masa adaptasi kebiasaan baru. Program ini terdiri dari Program wajib dan Program pilihan. Program wajib merupakan semua kegiatan yang ada pada dampak COVID-19 di bidang pendidikan. Sedangkan program pilihan merupakan program pencegahan COVID-19 dan program penanggulangan dampak COVID-19 di bidang ekonomi.             

 Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi  mahasiswa UPI untuk dapat mengabdi ditengah pandemi. Peran mahasiswa dalam upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19 melalui program KKN dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan diantaranya: (1) Program edukasi penanggulangan dampak COVID19 di bidang pendidikan, dalam program ini mahasiswa dituntut untuk dapat membantu permasalahan dampak COVID-19  yang ada dalam bidang pendidikan dengan sasaran Guru, Siswa dan Orang Tua. Program dengan  sasaran Guru meliputi membantu proses pembelajaran secara daring dengan menyiapkan segala bentuk keperluan belajar seperti bahan ajar, media belajar daring, bentuk evaluasi pembelajaran, dan lain sebagainya. Program dengan sasaran siswa dapat dilakukan meliputi pendampingan pembelajaran, membantu dalam pembimbingan Pekerjaan Rumah (PR) ,dan diskusi lainya yang berkaitan dengan proses pembelajaran selama disekolah. Program dengan sasaran Orang tua ialah dengan cara melakukan diskusi daring mengenai kendala yang dialami selama pendampingan pembelajaran daring serta memberikan tips dan solusi yang dapat dilakukan. (2) Program edukasi pencegahan COVID-19 dalam program ini mahasiswa membuat berbagai upaya untuk penanggulangan pencegahan dampak COVID-19 secara daring dengan sasaran masyarakat luas. Salah satu  program dengan sasaran masyarakat luas yaitu  edukasi yang dapat dilakukan dengan membuat  poster pencegahan, imbauan, dan ajakan untuk selalu waspada terhadap virus COVID-19, membuat masker dan sanitizer. Selain itu dapat  pula melakukan program penguatan dibidang ekonomi  salah satunya dengan membuat suatu inovasi baru seperti edukasi bisnis ditengah pandemi, media pemasaran bisnis dengan memanfaatkan fitur daring, dan lain sebagainya.

Dari hasil kegiatan tersebut harapanya  banyak pihak  dapat terbantu dengan adanya program KKN ini meskipun dilaksanakan secara daring program KKN ini dapat berjalan dengan baik dan tersusun. Akhir kata penulis mengucapkan Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program KKN ini.

Penulis : Nasyid Aghits Sumarna




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline