Lihat ke Halaman Asli

"E-Learning KPK", Sarana Belajar bagi Pembelajar Sepanjang Hayat

Diperbarui: 8 Desember 2017   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Siapa bilang belajar hanya bisa di bangku sekolah. Di manapun dan  kapanpun bisa terus belajar, menambah ilmu, pengetahuan, dan pengalaman. Menurut GBHN 1978 dinyatakan bahwa "pendidikan berlangsung seumur hidup  dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Karena itu pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara  keluarga, masyarakat dan Pemerintah". Hal ini menunjukkan bahwa proses pendidikan dapat terus berlangsung meskipun sudah tidak duduk di bangku  sekolah.

Dalam hal ini KPK sebagai lembaga pemerintah memberikan kesempatan  bagi 40 Taman Bacaan Masyarakat/lembaga terpilih untuk dapat belajar  tentang integritas melalui e-learning ( http://aclc.kpk.go.id ). Materi pembelajaran disajikan dalam bentuk video, handout, kuis, dan feedback.  Materi ini sebagai bahan untuk persiapan mengikuti peringatan Hari Anti  Korupsi Sedunia di Jakarta (10-13 Desember 2017) nanti.

Peserta diberikan akses e-learning selama 3 hari (5-7  Desember 2017), sehingga peserta dapat mengatur waktu sendiri untuk  mengikuti pembelajaran. Jika terjadi kesulitan ada Kak Triwanto dan Kak  Mutia yang merupakan Tim Ahli E-Learning yang siap membantu.

Pada setiap video pembelajaran diawali dengan ajakan penyemangat  "Semangat Pagi!!!" dan terdengar jawaban "Pagi! Pagi! Pagi!" alhasil  meskipun mengikuti pembelajaran jam 12 malam dapat membangkitkan  semangat seperti pagi hari. Setelah video disajikan, materi tertulis  dalam bentuk pdf dapat didownload, sehingga dapat menjadi koleksi  elektronik yang dapat disimpan di TBM. Kuis juga disajikan untuk  mengukur kemampuan peserta mengingat materi dan menjawab pertanyaan.  Pada tahap ahir, peserta memberikan feedback sebagai tanggapan terhadap e-learning ini.

Bagi pengelola TBM An-Nafi' Banyumas mengikuti e-learning ini  merupakan pengalaman pertama yang sangat mengesankan dan kesempatan  langka yang perlu disyukuri. Sehingga dapat menambah ilmu baru, serta  semakin bersemangat menanamkan nilai integritas pada diri sendiri  khususnya dan untuk pengguna TBM An-Nafi' pada umumnya.

Baru ikut e-larningnya saja sudah terasa semangat  integritas nya, apalagi jika sudah bertemu para Panglima Integritas dari  seluruh Indonesia. Jadi tidak sabar nih menunggu hari H.

Salam Panglima...

Salam Integritas..

Salam Literasi...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline