Lihat ke Halaman Asli

Kritik Sastra: Novel Dikta dan Hukum

Diperbarui: 14 Februari 2023   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Dikta dan Hukum, sebuh novel yang di buat oleh seseorang yang bernama Dhia'an Farah. Novel ini juga diangkat dari sebuah AU Twitter yang tranding Twitter dimana mana, bahkan setelah di Novel kan cerita Dikta dan Hukum dijadikan film web series. Novel ini menceritakan sebuah cinta mahasiswa jaman sekarang. Novel ini juga merasakan kebahagiaan, kesedihan dan kagum kepada tokoh yang ada pada Novel Dikta dan Hukum.

Novel ini menceritakan seseorang mahasiswa jurusan Hukum yang bernama Dikta. Ada Nadhira duduk dibangku kelas 12, Nadhira dan Dikta merupakan dua orang yang bersahabat dari kecil. Pertemuan mereka berdua ini, karena adanya perjodohan yang direncanakan oleh orang tua dari Dikta dan Nadhira sejak keduanya masih kecil. Perjodohan yang dilakukan pada Dikta dan Nadhira ini semakin rumit, kala Nadhira sudah memiliki kekasih yang bernama Jeno dan begitu pula dengan Dikta, yang hanya menganggap Nadhira sebagai adik serta teman masa kecilnya saja.

Dikta dan Nadhira yang awalnya saling berhubungan, karena hanya terpaksa perlahan saling membuka diri. Nadhira diam-diam perlahan mulai menaruh perasaan pada Dikta dan sebaliknya Dikta pun menaruh perasaan pada Nadhira, kemudian Dikta juga perlahan mau berbagi cerita dengan Nadhira. Dikta bercerita kepada Nadhira mengenai penyakit gagal ginjalnya yang ia sembunyikan, awalnya Dikta menyembunyikan semuanya pada Nadhira. Kemudian Dikta mulai membuat wish list, yang akan ia lakukan bersama Nadhira sebelum ia pergi meninggalkan dunia. Dan setelah itulah Dikta meninggalkan Nadhira selamanya karena penyakit nya yang sudah menyebar ditubuhnya

Kelebihan dari isi novel Dikta dan Hukum tersebut banyak sekali yang bisa dipelajari. Sinopsis novel seolah-olah sudah bisa menggambarkan isi dari novel itu. Mengenai kisah cinta antara Dikta dan Nadhira, tetapi walaupun begitu dalam novel ini juga menceritakan mengenai kisah-kisah lainnya, seperti kisah persahabatan dan keluarga yang begitu kuat. Belum lagi karakter-karakter yang dimunculkan oleh penulis begitu terasa nyata, pembaca pun bisa mendalami perannya. Tapi kekurangan dari novel ini penokohan dalam Jeno kekasih Nadhira yang terlalu baik dan nyaris sama dengan tokoh Dikta, sehingga pembaca terlalu berekspresi tinggi tentang penokohan Jeno.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline