Lihat ke Halaman Asli

Naswa Nelina Rahayu

selalu biasa-biasa saja

Layaknya Cincin Mengelilingi Matahari

Diperbarui: 3 Maret 2021   19:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pelangi memanglah hal yang lumrah dan disukai oleh banyak orang terutama anak kecil. Karena warna-warna yang terdapat pada pelangi sangatlah indah. Pada saat masih anak-anak, kita sering melihat pelangi ketika bermain di sore hari.

Banyak cerita dari mulut ke mulut mengenai fenomena pelangi. Orang tua sering mengatakan munculnya pelangi karena adanya 7 bidadari yang sedang mandi di telaga sungai.

Kala itu muncul fenomena pelangi yang bisa disebut sangat langka.

Berdasarkan gambar, ciri-ciri pelangi tersebut memanglah jarang ditemukan apalagi di Indonesia. Penulis pun baru pertama kali menyaksikan fenomena langka tersebut. 

Bentuknya selayaknya seperti lingkaran dan terlihat seperti cincin yang mengelilingi matahari. Lalu, muncul di saat siang hari. Fenomena tersebut penulis abadikan dengan memotretnya.

Menurut BMKG, Bahwa fenomena pelangi seperti cincin yang mengelilingi matahari disebut Hallo.

Hallo terjadi dikarenakan pembiasan dari awan cirrus yang membentuk kristal es. BMKG mengatakan bahwa munculnya awan cirrus dapat menjadi pertanda akan turunnya hujan dan mereka pun mengatakan. Lalu, fenomena tersebut tidaklah membahayakan dan bukanlah pertanda akan adanya bencana.

Namun, fenomena ini jarang sekali muncul di daerah tropis. Karena awan cirrus memiliki kristal es yang sangat dingin, maka dari itu ketika terkena sinar matahari akan memantulkan cahayanya seperti cincin.

Nah, tidak salah jika kita ingin mengabadikan momen langka seperti ini. Namun, kita pun harus tetap waspada karena jika ingin melihat fenomena tersebut secara langsung jangan langsung terkena mata, pakailah kacamata supaya tidak membuat mata cepat rusak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline