Lihat ke Halaman Asli

Berbagi Aksi Nyata Modul 1.4 Program Guru Penggerak Angkatan 6

Diperbarui: 20 November 2022   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

BERBAGI AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH

OLEH : NASTITISARI DEWI, M.Pd

            CGP ANGKATAN 6

      SMP NEGERI 10 KOTA SUKABUMI

PENDAHULUAN

Pada modul 1.4 ini, modul yang dipelajari termasuk pengetahuan baru bagi saya dengan judul modul budaya positif. Materi ini baru pertama kali di dengar walaupun pernah mempraktekan di kelas tetapi saya memang belum pernah menerima pengetahuan ini sama sekali. Tujuan umum modul dirumuskan sebagai berikut : 

1) Guru Penggerak memahami pentingnya mengetahui kebutuhan belajar dan lingkungan yang memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensinya secara aman dan nyaman. 

2) Guru Penggerak mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal. 

Sedangkan capaian khusus dirumuskan sebagai berikut calon guru penggerak diharapkan sebagai berikut: 

1) Menjelaskan konsep budaya positif yang berdasarkan pada konsep perubahan paradigma stimulus respons ke teori kontrol serta nilai-nilai kebajikan universal, 

2) menjelaskan konsep makna disiplin, keyakinan kelas, hukuman dan penghargaan, 5 kebutuhan dasar manusia, Restitusi dengan 5 posisi kontrol guru serta segitiga restitusi dan 

3) menerapkannya dalam ekosistem sekolah yang aman, dan berpihak pada murid, 

4) menyusun strategi-strategi aksi nyata yang efektif dengan mewujudkan kolaborasi beserta seluruh pemangku kepentingan sekolah agar tercipta budaya positif yang dapat mengembangkan karakter murid, menganalisis secara reflektif dan kritis penerapan budaya positif di sekolah dan mengembangkannya sesuai kebutuhan sosial dan murid. 

dari kesemua capaian yang dirumuskan maka CGP diharuskan untuk membagikan ilmu yang telah dipeolehnya pada kegiatan aksi nyata agar capaian pada modul yang dipelajari ini dapat diterapkan di sekolahnya masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline