Lihat ke Halaman Asli

Nastiti Hariyanti

Guru SDN 11 Singkawang

Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 11 Singkawang

Diperbarui: 29 Juli 2023   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar dari kelas penulis

Kodisi yang menjadi latar belakang masalah

Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman yang saya alami di kelas IV yang saya ampuh di SDN 11 Singkawang yaitu.

  • Rendahnya motivasi belajar peserta didik
  • Media pembelajaran yang tidak bervariasi
  • Metode pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru.
  • Guru belum memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran.

Alasan praktik ini penting untuk dibagikan

Pentinya membagikan pengalaman praktik baik ini dapat menjadi referensi bagi rekan-rekan guru untuk menyiapkan rencana pembelajaran dan mengimplementasikannya di dalam kelas.

Saya berharap dengan praktik baik ini mampu memotivasi saya dan rekan-rekan guru dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajar sehingga proses pembelajaran dapat lebih efektif dan tujuan pembelajaran yang diharpkan dapat tercapai.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini

Sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik, menggunakan media pembelajara yang bervariasi, menggunakan metode yang tepat serta memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? 

  • Guru harus menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat belajar peserta didik.
  • Saat diskusi kelompok, masih banyak peserta didik yang belum memahami cara berdiskusi dan mengikuti langkah kerja di LKPD sehingga masih banyak peserta didik yang menyelesaikan LKPD tidak sesuai batas waktunya.
  • Masih ada beberapa peserta didik yang yang kurang aktif dalam pelaksanaan diskusi kelompok.
  • Peserta didik kurang percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya ketika pelaksanaan presentasi


Siapa saja pihak yang terlibat

  • Guru: Sebagai fasilitator untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Teman sejawat : Dapat berbagi pengalaman, ide dan strategi mengajar yang efektif serta membantu memberikan dukungan sosial dan emosional.
  • Kepala Sekolah : Memberikan dukungan, bimbingan dan fasilitasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.
  • Peserta didik kelas IV (Empat): Sebagai subjek utama dalam proses pembelajaran. Peserta didik diharapkan berpartisipasi secara aktif.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline