Lihat ke Halaman Asli

Nasrul

nasrul2025@gmail.com

Perlunya Perhatian Khusus dan Evaluasi Pemerintah Tentang Pendidikan Matematika Untuk Siswa SMP

Diperbarui: 18 September 2024   21:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang di gagas oleh kementerian pendidikan yang bertujuan untuk membuat siswa merdeka dan juga guru merdeka dalam mengajar. yang mana pada kurikulum ini guru tidak mengajar monoton namun banyak proyek untuk siswa supaya siswa mampu berinovasi dan kreatif dalam memahami materi pelajaran.

khusus guru matematika tantangan sebenarnya terjadi karena banyak siswa smp tidak bisa berhitung dasar seperti menambah, mengurang, perkalian dan pembagian. hal ini terjadi karena saat mereka di sekolah dasar guru matematika mereka tidak peduli dengan anak didiknya. sebab guru banyak sekali tugas administrasi yang wajib di selesaikan, karena jika kewajiban administrasi tidak selesai maka guru tidak dapat tambahan gaji sertifikasi.

perlu diketahui bahwa penulis merupakan guru matematika di smp, jadi saat saya menanyakan sama siswa kelas 7 yang baru sekolah di smp mereka seakan kompak mengatakan bahwa di sekolah dasar dulu tidak di ajarkan secara  detil cara mengurang, perkalian dan pembagian. alasan siswa tersebut guru lalai dengan kegiatannya sendiri dan hanya materi yang mudah saja yang di ajarkan.

sebenarnya ketidakmampuan siswa smp matematika dasar bukan saja salah guru namun salah pemerintah yang  tidak ada standar tinggi kelulusan bagi seorang siswa. apalagi sekarang siswa tidak boleh tinggal kelas yang membuat motivasi belajar siswa semakin anjlok. dan membuat para guru semakin dilema. sebab guru tidak bisa berbuat banyak, karena jika hanya mengandalkan orangtua siswa untuk mengajari anaknya maka tidak bisa diharapkan karena di daerah pendesaan orangtua siswa sibuk dengan pekerjaannya.

oleh karena itu, sebaiknya pemerintah daerah atau pemerintah pusat sudah ada bahan evaluasi kemampuan dasar matematika untuk seluruh siswa khusus smp yang mana merupakan persimpangan bagi mereka yang akan melanjutkan sekolah atas nanti. tentu caranya dengan mengaktifkan peran pengawas sekolah dan seluruh pemangku pendidikan. dan pengawas sekolah tidak hanya melihat namun juga benar - benar mengevaluasi. sebab di daerah pengawas sekolah hanya sekedar melihat saja kondisi sekolah akan tetapi tidak benar - benar menguji kemampuan siswa sekolah.

kurikulum merdeka bagus namun perlu juga diperhatikan bahwa di daerah yang terbatas dengan internet dan guru yang harus belajar lagi teknologi saya rasa tidak layak untuk di paksakan dan biarkan guru untuk mengajar dengan sebaiknya dan jangan dibebani dengan proyek yang tidak jelas sehingga membuat guru semakin tertekan dan depresi.

Dengan kondisi pendidikan sekarang tidak heran nilai Pisa Indonesia di mata dunia semakin menurun dan juga IQ orang Indonesia yang hanya 78 sama dengan simpase. hal ini sangat miris mengingat biaya pendidikan di dalam apbn negara sampai dengan 20 %. sebenarnya dengan biaya tinggi maka membuat nilai Pisa Indonesia semakin maju dan IQ orang Indonesia semakin naik. apa boleh dikata pada 79 tahun Indonesia merdeka. nilai pendidikan masyarakat Indonesia  malah semakin miris. dan IQnya sama dengan simpase.

kenyataan pendidikan Indonesia yang semakin menurun bukan tidak mungkin Indonesia emas pada tahun 2045 malah menjadi Indonesia cemas. dan Indonesia semakin ketertinggalan dengan Asia lainnya yang menerapkan pendidikan berbasis evaluasi dan ujian sekolah yang sangat ketat.  sehingga tidak  heran negara seperti Jepang, India, China dan Korea Selatan masih mendominasi kemajuan teknologi berkat dengan pendidikan mereka yang maju dan ada standar tinggi bagi siswa yang sekolah.

kemampuan siswa smp untuk matematika dasar sangat penting sebab mereka akan melanjutkan sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan yang semuanya perlu matematika. memang ada teori menyatakan bahwa tidak semua siswa harus belajar matematika akan tetapi teori tersebut tidak bisa diterapkan di negara Indonesia yang masih mengejar ketertinggalan dari negara asia lainnya seperti India yang banyak melahirkan insinyur untuk teknnologi sehingga tidak heran hampir semua siswa India kerja di perusahaan teknologi dan ada beberapa menjadi ceo pada perusahaan besar dunia seperti Youtube, google, microsoft dan banyak lainnya.

keberhasilan India tidak luput dari upaya pemimpin negara mereka yang ingin menjadikan India menjadi negara raksasa di Asia, sehingga India membuat standar tinggi bagi pendidikan  mereka dan menjadi harga mati. hal ini dibuat supaya  mereka bisa bersaing dengan negara  maju yang duluan  menerapkan sistem pendidikan yang benar.

solusi yang mungkin untuk pendidikan Indonesia sekarang adalah menjadikan sekolah dasar  sebuah acuan atau dasar -dasar pengetahuan dan sekolah menengah pertama sebagai tingkatan pengembangan kemampuan siswa. dan yang pasti pemerintan mampu membuat master plan yang benar dan tidak berubah supaya guru saat mengajar bisa menjadikan master plan sebagi  sebuah acuan saat membuat  soal ulangan atau ujian akhir semester. sehingga dengan diadakan evaluasi rutin pemerintah daerah dan pemerintah pusat maka perbaikan pendidikan Indonesia khususnya tentang kemampuan siswa tentang mata pelajaran matemtika akan meningkat. semoga presiden baru nanti mau membuat sebuah gebrakan yang baik untuk kemajuan pendidikan Indonesia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline