Lihat ke Halaman Asli

Nasukha Moris

العلم نور

Tentang Iman

Diperbarui: 18 Oktober 2022   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

IMAN

و الايمان لغة هو مطلق التصديق سواء كان لما جاء به النبي صلى الله عليه وسلم او بغيره

Dan iman secara bahasa adalah mutlak membenarkan, baik dengan perkara yang dibawa Nabi shallallahu alaihi wasallam atau selainnya.

وشرعا التصديق بكل ما علم بالضرورة مجئ نبينا صلى الله عليه وسلم به من عند الله ولا يعتبر الا مع التلفظ بالشهادتين من القادر

Dan menurut Syariah, adalah membenarkan segala sesuatu yang perlu diketahui yang datang bersama Nabi kita shallallahu alaihi wasallam dari Allah. Kepercayaan itu tidak dianggap kecuali dengan menyatakan dua kalimat syahadat bagi orang yang mampu, seperti yang diterangkan Syeh Sihabudin Arramli.

Yang bukan ما علم بالضرورة adalah ما علم بالاستدلال sesuatu yang di ketahui dari menggali dalil dan khabar ahad (apa yang diriwayatkan oleh satu orang), dan begitulah kesepakatannya, yang hanya diketahui oleh orang tertentu seperti mengetahui hak bagian seper-enam (1/6) untuk cucu perempuan dari anak laki-laki ketika bersamaan dengan anak perempuan mayit, dan semisalnya.

Maka tidaklah wajib mengimani ما علم بالاستدلال dan tidaklah di hukumi kafir jika mengingkarinya walaupun mengetahuinya, inilah pendapat yang mu'tamad (disetujui) seperti yang diterangkan oleh Imam Al-Qalyubi.

Karena, walaupun itu diketahui dari agama dan merupakan nash yang dibawa oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam tapi bukanlah ilmu dhoruri (yang perlu berfikir) karena tidaklah populer di antara orang umum.

Adapun ucapan ulama:

الا مع التلفظ بالشهادتين

Maksudnya, karena keimanan di dalam hati merupakan sesuatu yang tersembunyi, maka pasti memerlukan tanda yang terlihat yang menunjukan pada keimanan itu. Dan inilah yang benar bahwa mengucapkan dua kalimat syahadat bagi orang yang mampu adalah syarat sah keimanannya. Dan adalah pendapat yang lemah yang mengatakan bahwa itu adalah bagian dari hakikat iman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline