Lihat ke Halaman Asli

KKNT Desa Mangkauk

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Kegiatan Dapur Sehat Dashat

Diperbarui: 19 Maret 2024   19:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dapur Sehat Desa Mangkauk/Dok Pribadi

Desa Mangkauk-2024. Pada hari Minggu, 25 Februari 2024 Kami dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKN) Tematik 8 yang di tempatkan di Kabupaten Banjar, Kecamatan Pengaron, Desa Mangkauk. Kelompok Kkn mengadakan program kerja yaitu Dapur Sehat (DASHAT).

'Dapur Sehat' (DASHAT) merupakan program berimbang yang diperuntukkan bagi keluarga berisiko stunting atau calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, bayi/balita stunting, dan khususnya keluarga dari latar belakang kurang mampu.

Meski Desa Mangkauk kaya akan pangan bergizi, namun terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi masyarakatnya, salah satunya pemanfaatan pangan lokal yang belum optimal. Salah satu permasalahannya juga daerah belum sepenuhnya memahami kandungan pangan lokalnya.

Ketersediaan pangan yang mengandung Gizi di Desa Mangkauk bisa dikatakan berlimpah namun terdapat beberapa permasalahan yang timbul di masyarakat sehingga pangan lokal tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal, permasalahan tersebut salah satunya adalah masyarakat belum sepenuhnya mengetahui kandungan pangan lokal.

Sejalan dengan tema kegiatan Kkn yang kami laksanakan yaitu mengedukasi pencegahan Stunting maka dari itu kegiatan program kerja Dapur Sehat (DASHAT) yang kami ambil adalah pembuatan Makanan Bubur Kacang Hijau. Kandungan Nilai Gizi pada bubur kacang hijau pada setiap 100 gram yaitu:

Nutrisi / Gizi

Kandungan

AKG%

Kalori

347kcal (1.452 kJ)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline