Lihat ke Halaman Asli

Mengajar Berbicara Seperti Bule

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kalau ingin memperkaya kosa kata idiom dan menambah kemampuan berbahasa Inggris semakin cas-cis-cus, cobalah baca buku satu ini. Buku ini berjudul "Cheater's Guide to Speaking English Like a Native" karya Boye Lafayette De Mente, terbitan Tuttle Publishing, Singapore, 2007. Buku setebal 255 halaman ini mengajarkan bagaimana kita menggunakan ungkapan bahasa Inggris secara benar dan natural.

Tentu saja sehebat apapun buku bahasa Inggris, tetap menuntut pembacanya untuk praktek menggunakannya setiap hari. Tidak cukup hanya seminggu sekali, karena diperlukan pembiasaan menggunakan kata-kata sampai benar-benar terbiasa.

Buku ini mengajarkan pembacanya untuk bisa bercakap-cakap bahasa Inggris seperti layaknya bule. Semua penutur asli (native speaker) Inggris menggunakan banyak idiom, peribahasa atau ungkapan-ungkapan yang biasa mereka pakai dalam percakapan sehari-hari. Sementara idiom tidak bisa diartikan secara harfiah, dari kata ke kata. Kalau dipaksakan seperti itu pasti tidak tepat. Seperti kata idiom "as clean as a whistle" dalam buku ini berarti hilang tanpa bekas, bukan sebersih pluit. Juga kata "acting fishy" (halaman 37) tidak diartikan bertingkah seperti ikan, tetapi tingkah polahnya mencurigakan.

Guna memperlancar berbahasa Inggris, buku yang memuat sedikitnya 700 idiom dan ekspresi ini layak dibaca, terutama bagi orang yang menggunakan bahasa Inggris bukan sebagai bahasa ibu. (M Nasir)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline