Lihat ke Halaman Asli

DIODILANDINAN

Jurnalis online

Chat GPT, Benarkah Tenaga Manusia dapat Tergantikan dengan Tenaga Robot?

Diperbarui: 4 Maret 2023   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Artificial Intelligence. Sumber ilustrasi: pixabay.com/Gerd Altmann

Chat Generative Pre-trained Transformer, atau yang sudah familier kita kenal dengan sebutan Chat GPT  menghebohkan dunia teknologi. Sudah tidak heran lagi ya, perkembangan teknologi yang pesat ini membuat kita harus cepat mengikutinya supaya tidak di cap ketinggalan jaman.

Chat GPT ini tersedia dalam berbagai fitur, kita bisa dengan mudah menggunakannya. Tentu saja Chat GPT ini seperti robot sehingga bisa kita ajak berkomunikasi.

Saya termasuk orang yang gaptek, sehingga saya tidak tahu bagaimana cara menggunakan Chat GPT ini. Namun berdasarkan informasi yang saya baca, Chat GPT ini ada dampak positif dan negatifnya.

Adapun dampak positifnya adalah menguntungkan beberapa pekerjaan, seperti misalnya pekerjaan komputer ataupun administrasi. Dalam mengerjakan pekerjaan ini kita tidak perlu khawatir karena Chat GPT dapat mengkoreksi jawaban yang salah. Selain itu dapat kita jadikan panduan atau alternatif jawaban berbagai mata pelajaran di sekolah.

Disisi lain Chat GPT juga ada dampak negatifnya, yaitu berdasarkan yang saya baca bisa digunakan untuk tindakan kriminal seperti membobol ATM.

Namun terlepas dari dampak positif dan negatifnya, sebaiknya kita bisa memanfaatkan Chat GPT ini dengan baik.

Kesimpulannya benarkah dengan adanya Chat GPT ini adalah tanda-tanda tenaga manusia akan digantikan dengan tenaga robot di tahun-tahun mendatang? Lalu jika memang demikian tenaga manusia tergantikan dengan tenaga robot apa yang akan terjadi dengan pekerja yang saat ini bekerja? Kita lihat saja nanti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline