Nama: Muhamad Nasha Prasetyo
NPM: 23010400008
Mata kuliah: Pengantar Advertising
Dosen pengampu: Jamiati KN.,S.I.Kom.,M,I,Kom
Prodi: ilmu komuikasi Universitas muhammadiyah jakarta
Iklan telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Hampir setiap aspek kehidupan modern dipengaruhi oleh iklan, mulai dari produk yang kita beli hingga cara kita memandang dunia. Namun, apa sebenarnya peran iklan dalam masyarakat? Artikel ini akan membahas beberapa aspek penting dari peran iklan dalam masyarakat modern.
Contoh seperti iklan Tokopedia adalah salah satu toko online yang sangat berpengaruh dalam beriklan,menjual produk dan Toko micro. Hampir semua orang mengetahui tentang E-Commerce Tokopedia yang bersaing dengan Toko online lain di Indonesia.
Tokopedia berdiri pada tahun 17 agustus 2009 dan didirikan oleh William tanuwijaya, Tokopedia memiliki lebih dari puluhan seller dan puluhan Produk awalnya. Namun, karena kerja keras mereka pendapatannya mulai meningkat drastis dari awal yang hanya puluhan ribu sekarang bisa sampai 10 juta penjual dan 100 juta produk dari tahun ke tahun sampai saat ini.
Dalam hal ini, kita mengetahui bahwa tokopedia mengambil berbagai peran penting dalam periklanan dengan membranding iklan melalui spanduk, TV,dan radio Tokopedia berhasil mengambil hati masyarakat untuk membeli kebutuhan dan perlengkapan dengan mudah kapanpun dan dimanapun hanya bermodalkan handphone saja sehingga tidak perlu datang ke toko secara langsung.
Mengapa Tokopedia bisa sebesar sekarang? Iklan adalah bagian penting dari keberhasilan Tokopedia, dalam hal ini bisa mencangkup berbagai lingkup masyarakat yang lebih luas bahkan se-Indonesia, dengan adanya pengiklan yang di buat oleh Tokopedia mereka meraup banyak keuntungan dan berefek juga bagi para UMKM yang ingin menjual produk mereka. Hal ini sangat membantu perekonomian pemerintah dan masyarakat.
Iklan mempengaruhi psikologi masyarakat