Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNDIP Mengembangkan Program Kegiatan Ketahanan Pangan di Desa Gondang

Diperbarui: 10 Februari 2022   21:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Tim I KKN UNDIP dan Ketua RT 1 Desa Gondang (Dokpri)

Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan - Mahasiswa KKN Tim I Undip melaksanakan program kerja dengan mengusung tema “Ketahanan Pangan demi Meraih Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Program kerja yang dilaksanakan yaitu dengan membagikan bibit tanaman cabai dan terong serta pembuatan kolam budidaya lele. Program kerja ini dilatarbelakangi oleh sejumlah target SDGs yang terdampak pandemi covid-19 terutama yang menyangkut pembangunan lingkungan dan ketersediaan pangan. 

Kegiatan Pembagian Bibit Tanaman dan Pembuatan Kolam Budidaya Lele dilaksanakan di wilayah RT 1 serta didampingi oleh Pak Liyamazi selaku kepala RT 1. Pak Liyamazi terlebih dahulu memberikan koordinasi untuk membahas lebih lanjut mengenai program kerja yang akan dilaksanakan dengan memberikan beberapa saran dalam pembelian perlengkapan yang akan digunakan.

Kegiatan Penanaman dan Pembagian Bibit Tanaman  (Dokpri)

Pembagian Bibit Tanaman menggunakan bibit cabai dan terong sebanyak 300 buah yang didapatkan di Desa Kayugeritan, Kecamatan Karanganyar. Kegiatan yang dilakukan adalah meninjau bibit tanaman sebelum membelinya, pengadaan bibit dan peralatan tanam, penyiapan media tanah dengan mencampur tanah yang sudah diberi pupuk dan tanah merah, pemindahan bibit tanaman ke dalam polybag dan didiamkan selama kurang lebih empat hari sebelum dibagikan kepada warga.

Sebelum pembagian dilaksanakan semua tanaman diberikan stiker dan penambahan tanah di polybag. Bibit tanaman dibagikan secara langsung kepada seluruh warga RT 1. Dalam kegiatan pembagian ini didampingi oleh Pak Liyamazi yang mengarahkan dan menemani mahasiswa. Pembagian ratusan bibit Tanaman ini diharapkan dapat membantu menciptakan lingkungan yang hijau dan terlebih lagi tanaman yang dibudidaya adalah jenis sayuran sehingga dapat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Kegiatan Pembuatan Kolam Budidaya Lele (Dokpri)

Kegiatan yang kedua yaitu pembuatan kolam budidaya lele di RT 1 Desa Gondang, Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim KKN Undip beserta Pak Liyamazi yang mengarahkan proses pembuatan. Kegiatan diawali dengan membeli terpal ukuran A15, bambu wulung, bambu tali, dan pipa dengan panjang 2 meter dan diameter 1,5 inci yang nantinya akan digunakan untuk membangun kolam budidaya lele.

Setelah semua alat dan bahan selesai dikumpulkan, mahasiswa dan Pak Liyamazi langsung memulai kegiatan pembuatan kolam budidaya lele. Proses pembuatan dimulai dengan merakit bambu sebagai pondasi kolam. Setelah itu dilakukan pembuatan saluran drainase yang berfungsi sebagai tempat pembuangan air dan dilanjutkan pemasangan terpal untuk melindungi kolam dari air hujan, kolam diisi air dan dibiarkan selama tujuh hari untuk penetralan air. Setelah penetralan air, selanjutnya adalah melakukan pembelian benih lele, kemudian benih tersebut dimasukan ke kolam yang sudah dibuat. Pembuatan kolam budidaya lele ini diharapkan dapat berguna bagi warga Desa Gondang untuk budidaya lele dengan baik. Hal ini juga sesuai dengan tujuan Tim KKN Undip yaitu pengabdian masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline