Lihat ke Halaman Asli

Eksplorasi Happiness Karyawan di Bento Kopi Godean - Menjaga Happiness At Work Para Karyawan

Diperbarui: 18 Juni 2023   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

Bento Kopi merupakan tempat nongkrong kekinian yang cukup populer dan sudah tidak asing di telinga. Tempat nongkrong ini telah memiliki banyak cabang di berbagai kota di indonesia dan Bento Kopi Godean merupakan cabang ke 12 dari Bento Kopi Indonesia.

Bento Kopi Godean berdiri pada tanggal 29 November 2021, yang beralamatkan di Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bento kopi merupakan lini bisnis caffe yang menjual aneka minuman kopi, the, dan fruity selain itu juga menjual aneka camilan seperti mendoan dan pisang goreng. Menurut beberapa tanggapan dari pelangggan mengenai produk-produk yang dijual di Bento Kopi kebanyakan mereka lebih menyukai memesan aneka minuman yang ada di Bento Kopi ini.

Happiness at work merupakan perasaan positif yang dimiliki individu di setiap waktu kerja, karena individu tersebut mengetahui, mengelola dan mempengaruhi dunia kerjanya sehingga mampu memaksimalkan kinerja dan memberikan kepuasan bagi dirinya dalam bekerja.(Agustien dan Soeling, 2020). Teori kebahagiaan mengklaim bahwa cara kita membuat pilihan adalah untuk memperkirakan berapa banyak kebahagiaan (kepuasan hidup) yang terjadi, kemudian dapat mengambil keputusan yang dapat memaksimalkan masa depan (Seligman, 2013:47).

Arti penting dari Happiness at work menurut  (Pryce-Jones, 2010) menjabarkan bahwasanya happiness at work sangat penting dalam dunia kerja. Happiness at work dapat memberikan motivasi dan rasa percaya diri dengan pekerjaan yang dilakukan. Happiness at work berperan sangat penting dengan adanya hal tersebut maka akan memperoleh beberapa manfaat diantara yaitu menjadi lebih kreatif dalam bekerja, mencapai goals dengan cepat, memiliki interaksi positif dengan rekan kerja, dan menjadi individu yang lebih sehat.

Menurut Seligman (2015 : 48), kebahagiaan adalah keadaan dimana seseorang lebih banyak mengenang peristiwa-peristiwa yang menyenangkan daripada yang sebenarnya terjadi dan mereka lebih banyak melupakan peristiwa buruk

Indikator kebahagiaan menurut Myers (2017) yaitu: 1) mampu menghargai diri sendiri sepenuhnya, 2) sikap optimis, 3) sikap terbuka dan kemampuan bersosialisasi, dan 4)kemampuan mengontrol dan mengendalikan diri sendiri sepenuhnya.

Vein McDowel & Newell (1987) menyebutkan bahwa kepuasan hidup sebagai "Personal assessment of one's condition compared to an external reference standard or to one's aspirations"

Menurut Fisher (2010), happiness at work dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain lingkungan, pekerjaan, peristiwa, disposisi, Kontribusi individu dalam situasi kerja, dan diri sendiri.

Salah satu bisnis yang di observasi yaitu Bento Kopi Godean, telah melakukan pembagian kuesioner mengenai happiness at work melalui google form yang dibagikan kepada karyawan dengan perolehan hasil mean 3.69 dengan tingkat kategori tinggi skala pengukuran 10 karyawan.

Kuisioner yang di bagikan tertera pada worksheet analisis happiness. Kami menyebarkan kuisioner pada tanggal 29 desember 2022 dengan mendatangi 1 outlet yaitu Bento Kopi Godean.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline