Lihat ke Halaman Asli

Namira Arafatya

Mahasiswi Universitas Nasional

KKN di Desa Penari, Kami Pamit Ya

Diperbarui: 16 Juli 2022   09:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta - Belakangan KKN di Desa Penari kembali menjadi perbincangan warganet lantaran kisahnya diangkat ke layar lebar oleh MD Pictures. Antusiasme masyarakat melonjak sejak awal penayangannya pada 30 April 2022 lalu.

Bahkan, sebanyak 9,2 juta orang sudah menonton film horor karya sutradara Awi Suryadi ini dan menjadi film terlaris sepanjang masa. Film KKN di Desa Penari ini tayang selama 2 bulan di bioskop Indonesia.

Jumlah tersebut sekaligus menggeser posisi film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 sebagai film Indonesia paling banyak ditonton di bioskop, menurut Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi).

Kepopuleran film ini tak lepas dari sosok anonim @SimpleM81378523 alias SimpleMan, sebagai penulis cerita KKN di Desa Penari di thread Twitter miliknya pada 2019.

Menurut pengakuannya, kisah horor KKN di Desa Penari merupakan cerita nyata yang semua identitas pelaku dan latar lokasi dirahasiakan.

Dalam utas menceritakan pengalaman horor sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN disebuah desa terpencil di tengah hutan. Bahkan 2 dari 6 mahasiswa meninggal dunia akibat tidak mematuhi pantangan di desa tersebut.

Masyarakat pun dibuat bertanya-tanya tentang kisah nyata tersebut, termasuk di mana lokasi sesungguhnya KKN di Desa Penari.

Sebelum diangkat ke layar lebar, cerita KKN di Desa Penari sempat viral dan trending di Twitter pada 2019 lalu. Hingga kini banyak orang yang penasaran dimana lokasi asli KKN di Desa Penari?

Meskipun telah viral dan banyak dibicarakan oleh masyarakat, penulis asli kisah mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Penari hingga kini enggan menyebutkan secara spesifik dimana lokasi KKN yang dimaksud. 

Penulis hanya memberikan inisial lokasi KKN yang diawali dengan huruf B. Sehingga membuat warganet menerka-nerka kota mistis itu berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Lantas sebenarnya lokasi KKN di Desa Penari dimana?

Meski penulis tidak menyebut secara detail di mana lokasi KKN tetsebut. Namun 4 lokasi berikut sering digadang-gadang menjadi desa mistis yang dimaksud. Untuk mengetahuinya, simak 4 lokasi KKN di Desa Penari berikut ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline