Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM

PMM UMM Bhaktiku Negeri

PMM UMM Kelompok 97 Gelombang 1 Membantu UMKM Krupuk Lempeng di Desa Purworejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang

Diperbarui: 4 Maret 2022   09:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 97 Gelombang 1 membantu pembuatan krupuk lempeng bersama dengan pelaku UMKM krupuk lempeng di Desa Purworejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 97 Gelombang 1 membantu pembuatan krupuk lempeng bersama dengan pelaku UMKM krupuk lempeng di Desa Purworejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM krupuk lempeng yang merupakan produk asli dari Desa Purworejo yang menjadi sumber penghasilan tambahan selain bertani. Hal ini dikarenakan krupuk lempeng yang cukup terkenal hanya ada di Desa Purworejo.

Dokpri

Proses awal pembuatan krupuk lempeng adalah dengan membuat bumbu yang akan dicampurkan ke adonan krupuk. Bumbu yang digunakan terdiri dari garam, gula, bawang putih, ketumbar, dan daun bawang. krupuk lempeng berbahan utama tepung pati singkong berbeda dengan krupuk samiler bahan utama dari singkong yang diparut atau dihaluskan. Kemudian campur bumbu yang sudah dihaluskan dengan tepung pati singkong dan diberi sedikit tepung kanji dan dicampur dengan air.

Setelah adonan dibuat, menyiapkan loyang untuk mengukus adonan, adonan tidak boleh terlalu matang saat dikukus karena nanti akan menempel pada loyang dan susah untuk diambil.

Setelah itu adalah proses penjemuran krupuk, adonan diletakkan di alat penjemuran krupuk dijemur 1 hari tergantung cuaca.

Setelah krupuk lempeng kering, akan dilakukan proses pengemasan krupuk lempeng yang sudah kering kemudian dimasukan ke plastik dengan ukuran 5 kg, dijual per kilogramnya dengan harga Rp. 15.000,- sangat terjangkau dan rasanya enak. krupuklempeng ini memiliki berabagai varian yaitu krupuk lempeng original, manis dan pedas.

Dokpri

Kelompok 97 gelombang 1 disini melakukan inovasi dengan membuatkan banner, karena selama ini belum banyak yang tahu pelaku UMKM membuat krupuk lempeng, dengan adanya banner tersebut akan menarik perhatian orang-orang bahwa pelaku UMKM tersebut membuat krupuk lempeng, sehingga lebih dikenal oleh konsumen

Dengan dilaksanakan kegiatan PMM UMM oleh Kelompok 97 Gelombang 1 ini diharapkan mampu membantu pelaku UMKM dalam pengembangan produk krupuk lempeng. Agar hasil produksi UMKM tersebut menjadi produk unggulan di Desa Purworejo, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Desa Purworejo.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline