Lihat ke Halaman Asli

Nara Ahirullah

TERVERIFIKASI

@ Surabaya - Jawa Timur

Milenial Bisa Urus Sampah Tanpa Harus Kotor-Kotor

Diperbarui: 18 Desember 2021   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi saat penulis mengajak generasi muda pegiat media sosial ikut mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan sampah. (Dokpri 2019)

Pada 2018 Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia mengadakan penelitian tentang indeks kepedulian masyarakat pada sampah. Secara nasional hasilnya 0,72 dari skala 0-10.

Ini berarti, dari 10 orang Indonesia hanya ada 3 orang peduli pada persoalan sampah. Peduli tidak berarti melakukan action terkait sampah. Peduli yang dimaksud ya peduli saja. Manifestasi kepedulian model begini pada umumnya ditunjukkan di media sosial dengan kata atau ungkapan lain yang dapat mewakili kepedulian dan keprihatinan.

Nyata bukti kepedulian dalam indeks BPS itu memang tidak berdampak apapun. Bersamaan dengan BPS menyurvei indeks kepedulian terhadap sampah, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Rosa Vivien Ratnawati mengatakan proyeksi volume sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tangga pada 2018 mencapai 66,5 juta ton. Pada 2021, volume sampah nasional tak berkurang. Justru bertambah menjadi 67,8 juta ton.

Target pengurangan sampah 15 persen yang dicanangkan Kementerian LHK tidak tercapai. Parahnya lagi, target Gerakan Indonesia Bersih 2020 juga gagal. Target pencapaian Gerakan Indonesia Bersih diundur ke 2025. Indeks kepedulian pada sampah benar-benar tak ada manfaatnya.

Tapi mari ambil positifnya. Meski kecil indeksnya, kepedulian pada sampah tetap ada. Jangan remehkan indeks kecil yang menunjukkan hanya 28 persen masyarakat Indonesia yang peduli pada sampah. Karena justru banyak hal-hal kecil yang menghasilkan keberhasilan besar.

Mari berharap perubahan itu datang dari generasi muda, Milenials. Kita bisa melihat kepedulian Milenial pada sampah sudah ada. Mungkin 28 persen masyarakat Indonesia yang peduli sampah itu sebagian besarnya adalah anak muda. Terlihat dari bagaimana mereka ikut mendukung kampanye pengurangan sampah dengan cara masing-masing.

Milenial terlihat sering terlibat dalam upaya pengurangan sampah dengan pakai tumbler, tas berkali pakai hingga ikut dalam kegiatan-kegiatan massal bebersihan lingkungan yang diadakan komunitas atau pemerintah. Kepedulian Milenial ini bisa diangkat lebih berkualitas lagi dalam upaya pengelolaan sampah.

Milenial bisa urus sampah tanpa harus berkotor-kotor seperti yang sudah sering mereka lakukan. Yaitu dengan cara membangun dan mendukung sistem pengelolaan sampah. Mereka bisa didorong membangun ekosistem pengelolaan sampah yang menyeluruh, sistematis, dan berkelanjutan dari hulu ke hilir.

Milenial bisa urus sampah tanpa kotor dengan sistem yang membuat sumber sampah sudah memilah dan memilih sampah. Sehingga, sampah yang kemudian mereka urus sudah berupa bahan baku daur ulang. Milenial bisa terlibat dalam proses edukasi dan sosialisasi pengelolaan sampah hingga bisnis daur ulangnya.

Dengan sistem itu Milenial tidak akan lagi merasa jera mengurus sampah. Selama ini, selain ikut kegiatan bebersihan dan kampanye pengurangan sampah, Milenial biasanya terlibat mengurus sampah karena tugas dari sekolah atau kampusnya. Mereka "terpaksa" terjun dan ikut kegiatan bank sampah atau TPS dan TPS3R untuk memilah sampah yang tercampur.

Memang saat terlibat dalam tugas "terpaksa" itu mereka tampak bahagia saat difoto ketika memilah sampah. Tapi yakinlah, itu kebahagiaan semu, hanya di depan kamera. Sepulang atau sesudah melaksanakan tugas dari sekolah atau kampusnya itu, mereka pasti kapok (jera). Hampir bisa dipastikan, jika bisa memilih mereka tak akan mau urus sampah lagi kalau tetap begitu caranya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline