Lihat ke Halaman Asli

Calculator dan Computer, Sama atau Berbeda?

Diperbarui: 26 Juni 2015   17:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_79139" align="alignright" width="300" caption="Ilustrasi/Admin (Shutterstock)"][/caption] Kehabisan bahan bacaan, iseng-iseng aku buka kamus Inggris-Indonesia. Buku tebal yang selalu ada di rak bukuku namun belum pernah sekalipun aku tamat membacanya. Lagian siapa juga yang mau menamatkan membaca kamus! Bagi orang awam kayak aku ini, mendingan baca novel atau komik. Jadi penasaran, orang2 yang kuliah di jurusan sastra pernah tamat membaca kamus nggak ya?? Simpan dulu pertanyaannya, ntar klo ketemu temen dari jurusan sastra baru ditanyakan ke mereka. Sekarang aku mau cari arti kata calculator dan computer. Dalam kamus yang kumiliki disebutkan arti calculator dan computer masing-masing adalah sebagai berikut :

  1. Calculator merupakan kata benda yang artinya mesin hitung. Asal katanya adalah calculate, kata kerja transitif artinya menghitung. Dapat pula sebagai kata kerja intransitif yang berarti memperhitungkan.
  2. Computer merupakan kata benda yang artinya mesin berhitung. Asal katanya adalah compute, kata kerja transitif yang berarti memperhitungkan

Dalam bahasa Indonesia, kita mengadopsi kata-kata itu menjadi kalkulator dan komputer. Sayangnya aku nggak punya kamus besar bahasa Indonesia, jadi nggak ngerti makna kedua kata itu menurut istilah Indonesia. Jadi aku mendasarkan bahasanku ini berdasarkan arti yang telah aku kutip diatas. Melihat asal katanya, kalkulator dan komputer itu sama. Tapi klo aku bilang sama, banyak yang protes, jelas beda dong antara kalkulator dan komputer. Jadi yang bener tuh sama atau beda? Pertanyaan apa bedanya komputer dengan kalkulator sering muncul setiap kali aku mengajarkan tentang sejarah perkembangan komputer, bahwa dari asal katanya komputer adalah ‘mesin hitung’. Ada bermacam-macam jawaban yang dilontarkan, antara lain :

  1. Kalkulator ada dalam komputer (maksudnya program kalkulator), tapi komputer nggak ada dalam kalkulator
  2. Kalkulator kecil bentuknya, komputer besar bentuknya (kalkulator juga dapat dibuat besar bentuknya lho... Dengan kemajuan teknologi chip, komputer bisa didesain menjadi kecil bentuknya. Tak mustahil membuat komputer dan kalkulatir sama besar)
  3. Kalkulator bisa ada dalam hp, komputer tidak (Tapi kan sekarang ada hp yang dalam iklannya dinyatakan sebagai ‘mini komputer’)
  4. Kalkulator hanya untuk angka, komputer bisa huruf dan angka (kalkulator pun ada yang dapat digunakan untuk menulis huruf)
  5. Kalkulator nggak bisa nyimpan data, komputer bisa (kalkulator pun semakin canggih sehingga memiliki kemampuan untuk menyimpan data)
  6. Kalkulator hanya untuk menghitung, komputer selain untuk menghitung dapat pula untuk fungsi2 yang lain.

Masih ada yang punya jawaban lain? Klo melihat bentuk fisik dan fungsinya, bisa jadi semua jawaban itu benar, bisa jadi pula salah. Jadinya gimana dong? Karena aku orang teknik, maka akan aku coba menguraikan jawabannya dari sisi teknis. Jangan khawatir akan menemukan istilah-istilah teknis yang susah dimengerti, akan aku coba menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami. Perbedaan dari sisi teknis antara kalkulator dan komputer adalah prinsip kerjanya. Kalkulator menjalankan fungsi aritmatika dengan hanya menggunakan rangkaian ADDER (penjumlah). Jadi semua operasi yang dapat dilakukan oleh kalkulator, pada dasarnya adalah operasi penjumlahan. Kan ada pengurangan, perkalian ama pembagian. Ada akar dan ada pangkat juga. Iya sih, tapi semua operasi itu dapat diturunkan dari operasi penjumlahan. Contohnya untuk pengurangan : A – B = A + (-B). Untuk operasi perkalian A x B = B + B + B + … (sejumlah A ). Untuk operasi yang lain, silakan diturunkan sendiri ya. Sedangkan prinsip kerja komputer adalah operasi aritmatika dan logika, dalam istilah teknik sering disebut arithmatic logic unit (ALU). Jadi selain perhitungan menggunakan aritmatika ada juga perhitungan logika (AND, OR, EX-OR dan lain-lain). Seingatku, aku dulu mendapatkan pelajaran matematika logika di kelas 1 SMA. Jadi tidak perlu aku bahas disini bagaimana operasi AND dan teman-temannya itu, karena para pembaca pasti sudah paham. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan baru. Nara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline