Lihat ke Halaman Asli

Naomi Tehillah

Content Writer

Kotoran Nat Sudah Kering? Bersihkan dengan Cara Ini!

Diperbarui: 31 Maret 2023   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membersihkan Nat | Sumber: Canva.com

Jika kotoran dan noda menumpuk di antara nat keramik dalam waktu yang lama, maka nat tersebut dapat terlihat kusam. Oleh karena itu, diperlukan bahan yang mampu menghilangkan noda pada nat tanpa merusak permukaan lantai atau dinding.

Ketika membersihkan keramik lantai atau dinding, seringkali kita hanya fokus pada permukaannya saja dan melupakan sela-sela antar keramik yang juga bisa kotor. Jika menggunakan cairan pembersih lantai belum cukup untuk menghilangkan kotoran pada nat, terdapat beberapa jenis bahan lain yang mudah didapatkan di rumah.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Kebersihan Nat Keramik

Cara Membersihkan Kotoran Nat yang Sudah Kering

Terdapat berbagai cara untuk membersihkan kotoran nat yang sudah kering. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Cuka

Cuka yang mengandung asam dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada nat keramik. Caranya adalah dengan meneteskan cuka pada nat dan menggosoknya dengan sikat kecil atau sikat gigi. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan beri pengharum agar bau cuka hilang.

2. Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian juga dapat digunakan untuk membersihkan dan mencerahkan nat keramik. Caranya adalah dengan menuangkan cairan pemutih pakaian ke kain lap dan mengoleskannya pada nat yang sudah kotor. Kemudian sikat nat menggunakan sikat gigi dan bilas dengan air.

Baca Juga: Cara Membersihkan Nat yang Sudah Kering, Gunakan AM 58!

3. Baking Soda

Baking soda dapat digunakan untuk membersihkan nat yang sudah kering. Campurkan baking soda dan sedikit air hingga menjadi pasta. Lumuri nat dengan pasta tersebut dan biarkan selama dua jam. Setelah itu, gosok nat dan bilas dengan air.

4. Batu Asah

Batu asah yang biasa digunakan untuk menajamkan pisau juga dapat digunakan untuk membersihkan nat. Gosokkan permukaan batu asah pada nat yang kotor, dan nat akan kembali bersih dan putih. Jangan lupa untuk mengelap nat dengan kain lap yang bersih.

5. Cairan Pembersih Serbaguna

Cairan pembersih serbaguna khusus untuk nat keramik juga tersedia. Cairan ini ampuh menghilangkan noda membandel pada nat tanpa merusak permukaannya. Cara penggunaannya hampir sama dengan bahan pembersih lainnya.

Baca Juga: Ini 3 Bahan yang Ampuh Bersihkan Nat Kamar Mandi

Demikian informasi tentang cara membersihkan kotoran nat yang sudah mengering. Semoga artikel ini bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline